Operasi Gabungan, Imigrasi Batam Kedepankan Pembinaan, Perbaikan, dan Bersinergi

Kamis 11-07-2024,17:31 WIB
Reporter : Sujatmiko
Editor : Ferry Ardi Setiawan

BATAM, MEMORANDUM - Kantor Imigrasi Batam melaksanakan Operasi Gabungan Keimigrasian di wilayah Perairan Kota Batam, Kamis 11 Juli 2024. Operasi bersama para stakeholder ini dalam rangka mengimplementasikan program penegakan hukum.

BACA JUGA:Imigrasi Batam Sabet Penghargaan Pengelola Kehumasan dan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi Terbaik

Di samping itu, kegiatan ini untuk mewujudkan sinergi dan kolaborasi guna menjaga pertahanan negara dalam meningkatkan pengamanan wilayah perbatasan, khususnya  perairan di Kota Batam.

BACA JUGA:Penerbitan Paspor Elektronik Kantor Imigrasi Batam Naik 26% Sepanjang Semester Pertama Tahun 2024

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Samuel Toba menyatakan, kegiatan Operasi Gabungan yang dilaksanakan mengedepankan pendekatan pembinaan, pembelajaran, dan perbaikan (korektif). 

BACA JUGA:Pelayanan Ramah HAM di Kantor Imigrasi Kelas 1 Khusus TPI Batam

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat mempererat hubungan kemitraan, memperkuat koordinasi, dan meningkatkan sinergitas antar instansi yang terlibat dalam hal pengawasan di perairan Batu Ampar. Khususnya terkait keberadaan orang asing serta kegiatan di wilayah perairan Kota Batam dalam rangka peningkatan pPengamanan wilayah pPerbatasan,”  tegas Samuel Toba.

BACA JUGA:Animo Masyarakat Tinggi terhadap Pelayanan Imigrasi Batam

Pantauan di lapangan, kegiatan dibuka pukul 08.00 WIB, diawali dengan apel yang dipimpin Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam, Samuel Toba dan diikuti oleh tamu undangan dari unsur internal dan mitra strategis eksternal. 

BACA JUGA:Geber Operasi Jagratara, Imigrasi Batam Tekankan 3 Misi ini, Seorang WNA Ditangkap

Tim Operasi Gabungan kemudian bergerak menuju Pelabuhan Internasional Sekupang tempat akan dimulainya Operasi Gabungan Perairan Batam Tahun 2024. Dari lokasi inilah, tim kemudian menyisir dua perairan di wilayah Batam, yaitu perairan Sekupang dan perairan Batu Ampar.

BACA JUGA:Kantor Imigrasi Manado Studi Tiru ke Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Batam

Hasil dari penyisiran di Perairan Sekupang, ditemukan keberadaan orang asing yang berkegiatan di Perairan Batu Ampar, Kota  Batam, dan ditemukan dugaan adanya pelanggaran keimigrasian. 

BACA JUGA:Sukses Raih WBBM, Imigrasi Tanjung Perak Jadi Jujugan Studi Tiru Kanim Batam

Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan oleh tim, diduga terdapat ketidaksesuaian izin tinggal yang dimiliki oleh dua orang berkewarganegaraan Cina sehingga dilakukan penahanan sementara (STP Paspor) terhadap paspor dua orang WN Cina.

Kategori :