Sudah Memberikan Segalanya, Southgate Mundur dari Timnas Inggris

Rabu 17-07-2024,13:26 WIB
Reporter : Eko Yudiono
Editor : Eko Yudiono

MEMORANDUM- Gareth Southgate telah mengundurkan diri sebagai manajer Inggris setelah kekalahan mereka di final Euro 2024 dari Spanyol, Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) mengonfirmasi pada Rabu, 17 Juli 2024.

Kontrak Southgate akan berakhir pada Desember, dan meskipun sumber mengatakan kepada ESPN bahwa FA ingin dia terus melanjutkan hingga Piala Dunia 2026, Southgate memilih untuk pergi setelah delapan tahun menjabat sebagai manajer.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh FA, Southgate mengatakan: "Sebagai orang Inggris yang bangga, merupakan suatu kehormatan dalam hidup saya untuk bermain untuk Inggris dan melatih Inggris. Itu sangat berarti bagi saya, dan saya telah memberikan segalanya,” ungkapnya.

 BACA JUGA:Messi Cedera, Banting Sepatu, Lautaro Cetak Gol, dan Argentina Juara Copa America

“Tetapi ini waktunya untuk perubahan, dan untuk babak baru. Final hari Minggu di Berlin melawan Spanyol adalah pertandingan terakhir saya sebagai manajer Inggris,” bebernya.

Southgate, 53, bermain 57 kali untuk Inggris dan memimpin 102 pertandingan sebagai manajer. Hanya Walter Winterbottom (139) dan Sir Alf Ramsey (113) yang lebih sering melatih Inggris.

Setelah mengambil alih kepemimpinan pada tahun 2016, ia membimbing Inggris ke semifinal Piala Dunia 2018, final Euro 2020, dan perempat final Piala Dunia 2022 sebelum mereka mencapai final besar pertama mereka di luar negeri di Jerman.

 BACA JUGA:Pria Bondowoso Diamankan Polisi Puger Usai Tipu Gelapkan Motor dan Perhiasan di Jember

Southgate mulai bekerja dengan FA sebagai kepala pengembangan elit pada tahun 2011, dan sejak menggantikan Sam Allardyce lima tahun kemudian, ia mendapat banyak pujian karena merombak budaya skuad Inggris dan menghubungkan kembali tim dengan pendukung.

Ia menambahkan, merupakan kehormatan memimpin sekelompok besar pemain dalam 102 pertandingan.

Kata dia, setiap dari mereka bangga mengenakan seragam The Three Lions di seragam mereka, dan mereka telah memberikan penghargaan kepada negaranya dalam banyak hal.

“Skuad yang kami bawa ke Jerman penuh dengan talenta-talenta muda yang menarik dan mereka bisa memenangkan trofi yang kita semua impikan. Saya sangat bangga dengan mereka, dan saya berharap kami mendukung para pemain dan tim di St. George’s Park dan The FA yang berusaha setiap hari untuk meningkatkan sepak bola Inggris dan memahami kekuatan sepak bola untuk mendorong perubahan positif,” terangnya.

 BACA JUGA:Ayah dan Anak di Gresik Kompak Bacok Tetangga, Pergoki Chat Mesra di HP Istri

Southgate menandatangani pesannya dengan menyatakan: "Kami memiliki penggemar terbaik di dunia, dan dukungan mereka sangat berarti bagi saya. Saya adalah penggemar Inggris dan akan selalu begitu,” jelasnya.

"Saya menantikan untuk menonton dan merayakannya seiring para pemain menciptakan lebih banyak kenangan istimewa dan terhubung serta menginspirasi bangsa ini semampu mereka. Terima kasih, Inggris atas segalanya,” pungkasnya. (*)

 

Kategori :