Sosok Lia Istifhama, Anggota DPD RI Terpilih Peraih Penghargaan Tokoh Perempuan Peduli Wong Cilik

Sosok Lia Istifhama, Anggota DPD RI Terpilih Peraih Penghargaan Tokoh Perempuan Peduli Wong Cilik

Lia Istifhama saat mengisi podcast di MemorandumTv.--

SURABAYA, MEMORANDUM-Jalur hidup orang siapa tahu. Tak terkecuali yang dilalui oleh Dr. Lia Istifhama, S.Sos., S.H.I., S.Sos.I., M.E.I., atau yang dikenal dengan sebutan Ning Lia, peraih suara tertinggi nasional untuk senator perempuan non petahana dengan jumlah 2.739.123.

Keponakan Gubernur Jatim 2019-2024 Khofifah Indar Paranwansa tersebut menempuh pendidikan strata 1 di tiga tempat. Yakni, Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya dulu IAIN, dan STID Taruna Surabaya. Sedangkan magister dan doktoral ditekuninya di UINSA Surabaya dengan keahlian bidang Ekonomi Islam.

BACA JUGA:Raih Suara Terbanyak Nasional New Comer Senator Perempuan, Ning Lia: Berkat Kekuatan Doa dan Kebaikan

Dan siapa sangka, Ning Lia yang memiliki masa lalu sebagai anak pejabat, yaitu pimpinan DPRD Jatim KH Masykur Hasyim, ternyata berjiwa workaholic atau pekerja keras.

Salah satu buktinya adalah padatnya pengalaman kerja yang ia tampilkan secara publik dalam web resmi KPU saat ia resmi terdaftar sebagai calon anggota DPD RI Jatim. 

Secara blak-blakan, Ning Lia yang memang getol mengkampanyekan pentingnya keterbukaan rekam jejak dalam menarik simpatik konstituen, menjelaskan secara detail karir yang pernah ia tempuh.

Bahkan ia tidak malu menunjukkan pengalaman kerja sebagai tenaga marketing atau sales di kala ia menempuh studi di semester akhirnya meraih gelar S1. Dan kini, jiwa workaholic Ning Lia pun telah teruji melalui pengabdiannya sebagai aktivis sosial.

BACA JUGA:Viral Gaungkan Peran Cantik Tolak Beauty Privilege, Ning Lia Panen Positive Vibes

Tak ayal, inilah yang menjadikan putri tokoh Nahdliyyin KH Masykur Hasyim tersebut meraih Penghargaan Perempuan Inspiratif Peduli Wong Cilik dari Surat Kabar Harian (SKH) Memorandum pada 22 November 2022 lalu. Disematkan kata Peduli Wong Cilik pada sosok Ning Lia, memang hal yang lumrah bagi perempuan berparas ayu tersebut.

Betapa tidak? Ning Lia memang seringkali menunjukkan aksi nyata kepedulian sosial di tengah masyarakat. Bukan hanya rangkaian gagasan yang ia lontarkan secara ‘berani’ di berbagai pemberitaan media massa maupun mengisi berbagai forum. 

Dan kini, Jing Lia bukan lagi sebatas aktivis sosial, namun juga politisi yang teruji. Di laman tiktok resminya, lia_istifhama, warganet banyak memberikan komentar alasan mencoblos dirinya.

Tidak sebatas alasan cantik, tapi Ning Lia ternyata memang dikenal secara langsung oleh para konstituen. Bahkan kepiawaiannya berbicara dan berkonten yang menunjukkan tinggi semampainya, lantas ibu dua anak itu pun sukses memancing komen menggelitik para warganet.

Akun kang jalak tapak misalnya, secara lugas memberikan komentar: ‘aku wis gak akan komen lagi marai jatuh cinta’.

Dan akun mas@wand”ngawie, juga turut berkomentar: ‘angkat aq jadi anakmu ibu (emoticon tersenyum).

Sumber: