Cedera Lutut? Ini Dia Tips untuk Penanganannya di Rumah

 Cedera Lutut? Ini Dia Tips untuk Penanganannya di Rumah

Lutut merupakan salah satu sendi penting yang menopang tubuh kita. Tak heran, cedera lutut bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.-Freepik.-

MEMORANDUM - Lutut merupakan salah satu sendi penting yang menopang tubuh kita. Tak heran, cedera Lutut bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.  Jika Anda mengalami Lutut terluka  karena terjatuh, terbentur, atau keseleo, berikut beberapa tips penanganan awal yang bisa dilakukan di rumah:

Prinsip RICE:

Rest (Istirahat):

Istirahatkan lutut Anda untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Hindari aktivitas yang berat atau menumpu pada lutut yang cedera.

Ice (Kompres Es):

BACA JUGA:Mobil Ketua Bawaslu Jember Terlibat Kecelakaan, Dua Meninggal, Dua Luka Berat

Kompres dingin dengan es dapat membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri. Bungkus es dengan kain tipis dan tempelkan pada area yang luka selama 15-20 menit, beberapa kali sehari.

Compression (Kompresi):

Gunakan perban elastis untuk memberikan kompresi pada lutut yang cedera. Ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan memberikan support pada sendi. Jangan terlalu kencang saat membalut, pastikan sirkulasi darah masih lancar.

Elevation (Elevasi):

BACA JUGA:Ciptakan dan Tingkatkan Pelayanan Polres Jember, Rotasi 11 Jabatan

Posisikan lutut lebih tinggi dari jantung Anda. Ini dapat membantu mengurangi aliran darah ke area yang cedera dan mengurangi pembengkakan. Gunakan bantal untuk menyangga lutut saat berbaring atau duduk.

Tips Tambahan:

Obat pereda nyeri:

Sumber: