Peringatan Hari Jadi, Kenduri Tumpeng 731 Digelar Pemkab Mojokerto Secara Massal

Peringatan Hari Jadi, Kenduri Tumpeng 731 Digelar Pemkab Mojokerto Secara Massal

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati saat sambutan acara Kenduri tumpeng Hari Jadi Kabupaten Mojokerto ke-731. --

MOJOKERTO, MEMORANDUM - Kenduri tumpeng sebanyak 731 digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto dalam rangka peringatan Hari Jadi Kabupaten Mojokerto yang ke-731 tahin 2024 di Pendapa Graha Maja Tama. 

Kenduri tumpeng hari jadi Kabupaten Mojokerto yang dilaksanakan secara massal ini, mengangkat tema 'Persatuan dan Kemakmuran' dengan melibatkan OPD, BUMD, Desa, Kelurahan se-Kabupaten Mojokerto. 

Hadir dalam kenduri tumpeng selain Bupati Mojokerto, yakni Jajaran Forkopimda Kabupaten Mojokerto, Kapolres Mojokerto Kota, staf ahli, asisten, Kepala Bank Jatim, serta kepala desa dan lurah yang ikut acara secara daring yang bertempat di masing-masing kecamatan. 

BACA JUGA:Percepat Pembangunan Desa, Bupati Mojokerto Gelontor Bantuan Puluhan Miliar

Makna dari tema tersebut yakni, tumpeng persatuan yang memiliki makna bersatunya macam-macam corak yang beraneka ragam menjadi satu kebulatan yang utuh dan untuk mencapai satu tujuan yaitu Mojokerto yang adil dan makmur. 

Selanjutnya tumpeng kemakmuran, bermakna satu keadaan yang berimbang, memiliki keberuntungan baik dan memiliki status sosial yang unggul? Sehingga semua berharap di usia Kabupaten Mojokerto ke-731 ini, semakin bersatu dalam keanekaragaman budaya, agama, dan lain-lain. 

Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati mengatakan, bahwa apa yang di ikhtiarkan dalam persatuan dan kesatuan adalah kemakmuran untuk semua. 731 tahun yang lalu, tepatnya paada 09 Mei 2024, adalah hari dimana Raden Wijaya mendapat pengakuan secara diplomatis militer dari pasukan Tar-Tar atas kekuasaan Kerajaan Majapahit. 

"Ini yang perlu kita syukuri, bahwa sampai sejauh ini kita semua menikmati perjuangan dari para leluhur kita," katanya, Rabu, 8 Mei 2024 malam. 

BACA JUGA:Gelar Safari Ramadan di Kecamatan Sooko, Ini yang Disampaikan Bupati Mojokerto

Ikfina mengungkapkan, malam ini dilalukan doa bersama, mensyukuri nikmat yang Tuhan sudah berikan kepada semua. Dan juga mendoakan para leluhur atas apa yang sudah diperjuangkan. 

"Mudah-mudahan nilai-nilai luhur yang sudah diwariskan kepada kita semua bisa kita jaga dengan baik," ungkapnya. 

Ikfina menegaskan, kebersamaan, persaudaraan, persatuan dan kesatuan bisa ditegakkan dan dilestarikan. Terima kasih atas partisipasinya, tetap dalam satu ikatan, kebersamaan untuk terus membangun Kabupaten Mojokerto. 

"Kita terus mengembangkan kemakmuran dan harapan yang kita cita-citakan bersama. Mari bersama berkarya dan berjaya untuk Kabupaten Mojokerto tercinta," pungkasnya. (yus) 

Sumber: