Polres Situbondo Ungkap Penggelapan Paket Kosmetik

Polres Situbondo Ungkap Penggelapan Paket Kosmetik

Polres Situbondo Ungkap Penggelapan Paket Kosmetik --

SITUBONDO, MEMORANDUM - Polres Situbondo, Polda Jatim mengamankan empat pegawai salah satu jasa pengiriman (ekpedisi). Keempat terduga pelaku melakukan penggelapan kosmetik milik konsumen dengan kerugian mencapai Rp 200 juta.

Empat terduga pelaku adalah AS (32) warga Banyuglugur berperan sebagai scan paket, RN (26) warga Panarukan berperan sebagai coordinator, ER (24) warga Panaruka sebagai prosesing dan KA (21) warga Kapongan sebagai penadah barang atau paket yang digelapkan.

Tim Resmob Satreskrim Polres Situbondo juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa 3 buah HP, 3 buah kartu ATM, 314 buah skincare berbagai merk dari tersangka RN dan 1.067 buah skincare berbagai merk dari tersangka AS.

BACA JUGA:Kapolres Situbondo Hadiri Pembukaan TMMD Ke-120 Bentuk Sinergitas TNI-Polri

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kasat Reskrim AKP Momon Suwito Pratomo, S.H. M.H. mengatakan, kasus penggelapan barang ekspedisi ini dilaporkan korban HM (30) warga Banyuwangi yang mengirimkan paket skincare kepada pemesan melalui salah satu jasa pengiriman.

Namun dari beberapa paket yang dikirim kepada pemesan terdapat paket yang dikembalikan (retur) dengan berbagai alasan.

“Seharusnya paket yang diretur atau dikembalikan oleh pihak jasa kirim atau ekspedisi dikembalikan kepada pihak pengirim namun oleh oknum pegawai jasa pengiriman diambil dan dijual kepada orang lain. Dari hasil laporan dan pendataan kerugian korban mencapai 200 juta rupiah” terangnya.

BACA JUGA:Polres Situbondo Tingkatkan Patroli Dialogis Jelang Pilkada Serentak

Lebih lanjut, Kasat Reskrim AKP Momon Suwito Pratomo mengungkapkan bahwa setelah barang retur tersebut tidak dikembalikan kepada pengirimnya kemudian oleh pelaku (oknum pegawai ekspedisi) tersebut dijual kepada orang lain dengan harga murah dibawah pasaran.

Hal tersebut terungkap saat korban menemukan postingan live di Tiktok dan Shoppe yang menjual produk kosmetik dan skincare yang mirip dengan milik korban namun dengan harga yang murah atau tidak sesuai dengan harga pada umumnya. 

Dari kecurigaan itulah, korban menelusuri pemilik akun yang menjual produk kosmetik dan skincare dengan harga murah dan setelah dikonfirmasi bahwa mendapatkan barang yang dijual dari oknum pegawai salah satu jasa pengiriman atau ekspedisi.

BACA JUGA:Polres Situbondo Laksanakan Imbangan Pengamanan World Water Forum di Bali

Selanjunya, korban melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Kepolisian dan didampingi petugas melakukan kroscek kepada pemilik akun penjual kosmetik kemudian hasil pengembangan pihak Kepolisian mengamankan empat orang pelaku dugaan penggelapan paket ekspedisi.

“Saat ini keempat tersangka penggelapan paket dilakukan pemeriksaan dan berdasarkan bukti-bukti yang ada kemudian langsung dilakukan penahanan” tutupnya. (hms/day)

Sumber: