Satpolairud dan Ditpoairud Temukan Korban Laka Laut di Selat Madura

Satpolairud dan Ditpoairud Temukan Korban Laka Laut di Selat Madura

Suasana ketika tim gabungan Satpolairut Polres, Ditpolairud Polda dan Basarnas melakukan penulusuran jenazah korban di Salat Madura.-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Kecelakaan laut terjadi di Selat Madura, ketika sosok pria dengan jabatan Kadet Dek, diduga  Anak Buah Kapal (ABK), jatuh ke laut Minggu 5 Mei 2024 malam. Musibah ini, segera direspons dengan sigap oleh Kasatpolairud Polres Bangkalan, Iptu Muarib. “Anggota  menerima info musibah laka laut itu sekitar pukul 22.00,” kata Iptu Muarib.

Korban bernama Soni Try Prasetyo (22), warga Dusun Wotan RT 05/RW 02, Desa  Slahar Wotan, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten  Lamongan. Korban punya jabatan Kadet Dek. Ada kemungkinan Anak Buah Kapal (ABK) salah satu kapal niaga.

Menyikapi musibah ini, Senin 6 Mei 2024 harinya sekitar pukul 12.00, Kasatpolairud Iptu Muarib dan beberapa anggota yang berpangkalan di kompleks Pelabuhan Kamal, Kecamatan Kamal, segera bergabung  dengan Tim Dipolairud Polda Jatim dan Basarnas Surabaya.

Mereka melakukan penelusuran bersama, untuk melakukan penelusuran. Terutama di perairan sekitar terjadinya musibah. Namun hingga pukul 18.00,  upaya  pencarian dan penyelematan Korban belum membuahkan hasil.

BACA JUGA:Satreskrim Polres Bangkalan Bekuk Maling Motor Lintas Suramadu

“Upaya pencarian korban  terpaksa kami tunda. Selain sudah malam,  cuaca juga  kurang bersahabat. Arus cukup deras dan gelombang laut  tinggi,” jelas  Iptu Muarif.

Pada hari kedua, atau Selasa 7 Mei 2024 keesokan harinya,  sekitar pukul 10.00, Tim Gabungan Satpolairud Polres, Ditpolairud Polda dan Basarnas Surabaya, kembali menyatu melakukan penelusuran. Kali ini menyisir perairan Selat Madura di sekitar Desa Tanjung Jati, Kecamatan Kamal.

Sekitar pukul 12.00, Tim Gabungan SAR (Search And Rescue) berhasil melacak jenazah korban. Jasad lelaki naas ini terpantau terombang-ambing di parairan kompleks Lanal Batuporon TNI AL , atau di sisi Timur Perairan Desa Tanjung Jati. ”Tepatnya terapung  pada koordinat 7° 10' 34" LS, 112° 44' 37" BT,” jelas Iptu Muarib.

Begitu ditemukan, jenazah korban Soni Try Prasetyo,  sosok Kadet Dek salah satu kapal niaga yang kaprah berseliweran di perairan Selat Madura,  itu langsung dievakuasi ke pangkalan Dipolairud Polda Jawa Timur untuk pemeriksaan lebih lanjut.(ras/day)

Sumber: