Kakanim Manado Hadiri Rapat Timpora Provinsi Sulawesi Utara

Kakanim Manado Hadiri Rapat Timpora Provinsi Sulawesi Utara

Kepala Kantor Imigrasi Manado Made Nur Hepi Juniartha menghadiri rapat Timpora tingkat Provinsi Sulawesi Utara.-Sujatmiko-

MANADO, MEMORANDUM - Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Manado Made Nur Hepi Juniartha menghadiri rapat Timpora tingkat Provinsi Sulawesi Utara di Hotel Grand Puri, Kota Manado.

Pada kegiatan itu juga dihadiri para kepala satuan kerja di bawah Kanwil Kemenkumham Sulut juga perwakilan dari instansi terkait.

BACA JUGA:2 Kecamatan di Madiun Diproyeksikan Jadi Zona Industri

Kegiatan Timpora Tingkat Provinsi Sulut dibuka dengan laporan ketua panitia Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Arthur L Mawikere  selanjutnya Kepala Divisi Administrasi, selaku Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara John Batara Manikallo memberi sambutan sekaligus membuka secara resmi pelaksanaan Rapat Timpora Tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Dalam sambutannya, ia menyampaikan bahwa digitalisasi dalam pengawasan keimigrasian bukanlah sekadar penggunaan teknologi, namun lebih kepada transformasi sistem dan prosedur pengawasan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

BACA JUGA:Bupati dan Wakil Bupati Aktif Berebut Mendaftar Bacakada di DPD NasDem Lamongan

“Seperti pemanfaatan data biometrik orang asing, penerapan sistem pelacakan orang asing dan pengembangan aplikasi pengawasan orang asing,” ujarnya. 

Lebih lanjut, ia mengungkapkan optimalisasi digitalisasi dalam pengawasan keimigrasian membutuhkan sinergi dan kolaborasi yang kuat dari berbagai pihak guna membangun ekosistem pengawasan yang komprehensif.

"Mari kita bersama-sama merumuskan strategi implementasi digitalisasi yang efektif dan tepat guna, sehingga dengan digitalisasi diharapkan pengawasan orang asing di Sulawesi Utara dapat menjadi lebih optimal dan efektif. Dengan komitmen dan kerja sama yang kuat, kita wujudkan pengawasan keimigrasian yang modern, transparan, dan akuntabel, demi terwujudnya Indonesia yang aman, tertib, dan sejahtera," tutup Plh Kakanwil seraya membuka kegiatan.

BACA JUGA:Didesak Masyarakat Maju Calon Bupati Blitar, Rahmat Santoso Tunggu Restu Ketum PAN

Para narasumber yaitu Kepala Divisi Keimigrasian Syamsul Sitorus sebagai Ketua Timpora, Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Arthur Mawikere, dan Asintel Danlantamal VIII  FV Jacobus, memaparkan materi mengenai optimalisasi pengawasan orang asing melalui sinergi digitalisasi kepada para peserta rapat yang terdiri dari perwakilan anggota forkopimda dan instansi terkait, pejabat struktural divisi keimigrasian, serta Kepala UPT Keimigrasian di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sulut.

BACA JUGA:Cegah Pelanggaran Keimigrasian, Imigrasi Manado Geber Operasi Jagratara

Dalam kegiatan ini Kepala Kantor Imigrasi Manado Made Nur Hepi Juniartha menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Sulut.

BACA JUGA:Imigrasi Manado Melayani Kegiatan Eazy Passport di Tridharma Kwan Seng Ta Tie Kota Manado

Sumber: