8 Hal yang Sering Dilakukan Ketika Sedang Overthinking

8 Hal yang Sering Dilakukan Ketika Sedang Overthinking

Overthinking merupakan pola pikir yang terus menerus memikirkan suatu hal--Unsplash

SURABAYA, MEMORANDUM - Overthinking atau berpikir berlebihan merupakan suatu kondisi di mana seseorang terjebak dalam pola pikir yang berulang dan terus menerus memikirkan suatu hal, bahkan hingga hal tersebut tidak lagi relevan atau penting. Hal ini dapat menyebabkan stres, kecemasan, dan bahkan depresi.

Berikut adalah 8 hal yang sering dilakukan ketika sedang overthinking:

1. Memikirkan Hal yang Negatif:

Orang yang overthinking sering kali terjebak dalam pola pikir negatif dan membayangkan skenario terburuk yang mungkin terjadi. 

Mereka mungkin terus memikirkan kesalahan yang telah mereka lakukan atau khawatir tentang masa depan.

2. Membandingkan Diri dengan Orang Lain:

Orang yang overthinking juga sering membandingkan diri mereka dengan orang lain dan merasa bahwa mereka tidak sebaik orang lain. Hal ini dapat membuat mereka merasa cemas dan tidak percaya diri.

BACA JUGA:8 Cara Mengatasi Overthinking pada Remaja

3. Menunda Pekerjaan:

Overthinking dapat membuat seseorang menunda pekerjaan karena mereka takut membuat kesalahan atau merasa tidak mampu menyelesaikan tugas.

4. Mencari Kesalahan pada Diri Sendiri:

Orang yang overthinking sering kali terlalu kritis terhadap diri mereka sendiri dan selalu mencari kesalahan pada diri mereka sendiri.

5. Mencari Validasi dari Orang Lain:

Orang yang overthinking mungkin selalu mencari validasi dari orang lain untuk memastikan bahwa mereka melakukan hal yang benar.

Sumber: