Siapa yang Rindu dengan Masa Kecil? Nostalgia Yuk

Siapa yang Rindu dengan Masa Kecil? Nostalgia Yuk

--

SURABAYA, MEMORANDUM - Banyak dari kita merindukan masa kecil yang penuh dengan permainan sederhana menggunakan kertas sebagai bahan utama. Seiring dengan kemajuan teknologi dan perubahan gaya hidup, permainan-permainan ini mulai dilupakan oleh generasi muda saat ini.

BACA JUGA:Menelusuri Jejak Bahasa, Mengungkap Asal Usul Kata Serapan Belanda dalam Bahasa Indonesia

Mari kita kenang dan bahas beberapa permainan kertas yang dulu begitu populer di kalangan anak-anak di masa lalu:

1. Main balap bullpen

Permainan ini hanya membutuhkan kertas dan bullpen/pensil. Anak-anak akan bersaing untuk melihat goresan pensil/bulpen mereka siapa yang paling dulu mencapai finish.

2. Membuat kapal dan pesawat

Kertas dilipas menjadi kapal layar atau pesawat terbang sederhana. Kemudian, kapal-kapal ini akan diuji dimainkan di atas air atau pesawat dilepas ke udara dari tangan anak-anak.

BACA JUGA:Penyebab Orang Mengalami Gangguan Mental

3. Bermain SOS

Permainan ini harus membuat sebuah grid kotak-kotak dan berusaha untuk mencapai kata 'SOS' terlebih dahulu. Cara bermainnya harus bergantian dengan lawan main.

4. Membuat origami buka tutup

Menggunakan kertas, anak-anak membuat origami sederhana yang dapat dibuka dan ditutup dengan gerakan jari yang di dalamnya terdapat beberapa pilihan menarik.

5. Sepakbola kertas

Sepakbola kertas ini terinspirasi dari film kartun Upin Ipin, cara bermainnya adalah menggunakan kertas yang dianggap sebagai pemain dengan cara menekannya.

Sumber: