RDP dengan OPD, Bapemperda Bahas Persiapan Rancangan Perda

RDP dengan OPD, Bapemperda Bahas Persiapan Rancangan Perda

Suasana Bapemperda DPRD Jombang saat RDP dengan sejumlah OPD.-Biro Mojo-

JOMBANG, MEMORANDUM - Terkait persiapan rancangan peraturan daerah (Raperda) yang bakal dibahas pada caturwulan kedua, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Jombang menggundang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemkab Jombang.

Ketua Bapemperda DPRD Jombang, Muhamad Muhaimin mengatakan, untuk OPD yang diundang untuk rapat dengar pendapat (RDP) yakni Dinas Pertanian, Bappeda dan Kabag Hukum Pemkab Jombang.

”Kami mengajak RDP ingin mengetahui kesiapan draf raperda," katanya, Senin 6 Mei 2024.

Muhaimin menjelaskan, sejumlah raperda yang bakal dibahas nantinya, diantaranya mengenai Perlindungan Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B), Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045, Ketahanan Pangan dan PKL.

BACA JUGA:Pileg 2024, KPU Jombang Tetapkan 50 Calon DPRD Jombang Terpilih

“Dari pernyataan masing-masing kepala OPD tadi, sebagian draf memang sudah siap,” jelasnya.

Muhaimin menandaskan, meski sebagian draf sudah siap, namun pihaknya ingin melakukan pembahasan lebih dalam lagi. Sehingga nantinya bakal mengagendakan lagi untuk paparan draf.

”Jadi kami juga ingin mengetahui isi draf masing-masing raperda itu. Sehingga kami agendakan lagi,” tandasnya.

Sedangkan RPJPD, Muhaimin mengungkapkan, bahwa nantinya akan ada pansus DPRD untuk melakukan pembahasan secara khusus dan lebih mendalam.

BACA JUGA:DPRD Jombang Beri Rekomendasi Pj Bupati Terkait LKPj 2023

”Kalau RPJPD, kami akan bahas lagi bersama pansus,” tukasnya.  

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Hukum Jombang, Yaumasyifa saat dikonfirmasi menerangkan, bahwasanya rapat kali ini merupakan pembahasan awal terkait pembahasan raperda. Tadi ada sejumlah raperda yang bakal di bahas.

"Memang sejumlah draf raperda sudah siap, sehingga tinggal melakukan pemaparan lagi. Agendanya kapan  kami menunggu dari Bapemperda DPRD Jombang,” pungkasnya.(yus)

Sumber: