Maidi Bacawali Madiun Tunggal Diusung PSI

Maidi Bacawali Madiun Tunggal Diusung PSI

Bacawali Maidi saat menyerahkan formulir pendaftaran di kantor DPD PSI Kota Madiun, Jalan Pringgondani, Kelurahan/Kecamatan Taman, -Biro Madiun-

MADIUN, MEMORANDUM - Keputusan DPD PSI Kota MADIUN menutup pendaftaran bakal calon wali kota (bacawali) MADIUN tak berlaku bagi Maidi. Betapa tidak, mantan Wali Kota MADIUN periode 2019-2024 menjadi satu-satunya sosok yang menyerahkan formulir pendaftaran sekaligus diterima di kantor DPD PSI Kota MADIUN, Jalan Pringgondani, Kelurahan/Kecamatan Taman, Senin 6 Maei 2024.

"Ketua Umum PSI (Kaesang Pangarep, Red) sudah menyampaikan bahwa nanti wali kota yang diusung PSI adalah Pak Maidi. Karena itu  PSI tidak membuka pendaftaran dan hanya menyerahkan pendaftaran bakal calon wali kota ke Pak Maidi,” kata Ketua DPD PSI Kota MADIUN F Bagus Panuntun usai menerima penyerahan berkas bacawali dari Maidi.

Menurut Bagus, Maidi menjadi bacawali tunggal yang direstui DPP PSI untuk diusung maju dalam Pilkada 2024. Pun, PSI sejak jauh-jauh hari telah mendeklarasikan dukungan terhadap Maidi. Yakni, sejak 21 Maret 2023 lalu. DPP menganggap Maidi sesuai dengan kriteria bacawali yang diinginkan.

‘’Pak Maidi juga memenuhi syarat administrasi yang telah ditentukan oleh PSI,’’ ujarnya.

BACA JUGA:Maidi Himpun Koalisi Besar Jelang Pilkada Kota Madiun

Lantas, siapa bacawawali yang diusung PSI untuk mendampingi Maidi? Bagus menjawab dirinya sendiri. Dia mengaku telah mengajukan pendaftaran bacawawali ke DPP PSI. Tak hanya itu, Bagus sesumbar juga telah mendaftar bacawawali di sejumlah partai politik (parpol) koalisi pengusung Maidi lainnya. Yakni, mendaftar di Nasdem dan Demokrat.

‘’Sesuai arahan DPP, saya diminta untuk mengambil seluruh formulir pendaftaran di seluruh partai yang membuka pendaftaran. DPP berharap nanti ada kadernya yang bisa dicalonkan,’’ ungkapnya.

‘’Siapa yang tidak mau digandeng Pak Maidi,’’ imbuh Bagus.

Di tempat yang sama, Maidi membenarkan bahwa telah mendaftar sebagai bacawali lewat PSI. Pun diterima oleh PSI. Menurut dia, proses pendaftaran tersebut mengikuti mekanisme yang berlaku. Meski, dia tak menampik jika PSI tidak menggelar pendaftaran terbuka bacawali. Kecuali untuk dirinya.

BACA JUGA:Golkar Apresiasi Kinerja Maidi Selama Menjabat Wali Kota Madiun, Doakan Menjabat Lagi

‘’Secara mekanisme sudah saya lalui. Saya daftar dan diterima,’’ jelas mantan Sekda Kota Madiun itu.

Disinggung siapa sosok bacawawali yang kelak mendampinginya, Maidi masih enggan menyebut. Dia meminta masyarakat untuk menunggunya menentukan pilihan. ‘’Masih istikharah.  Tunggu dulu, tenang saja lah. Pokoknya tenang, pasti sampai tujuan, ‘’ pungkasnya.

Sebelumnya, Maidi juga mengambil berkas pendaftaran bacawali ke DPC Partai Demokrat dan DPD NasDem Kota Madiun, Minggu 5 Mei 2024. Ini menindaklanjuti persyaratan administrasi yang ditentukan oleh masing-masing parpol.

Bahkan, sehari sebelumnya, Sabtu 4 Mei 2024, 11 parpol telah mendeklarasikan dukungan kepada Maidi untuk macung kembali sebagai Wali Kota Madiun periode 2024-2030. Ke 11 parpol pendukung Maidi yakni,  Partai Demokrat, PKB, Golkar, Gerindra, PSI, Nasdem, PAN, PPP, PBB, Hanura, dan Gelora. Deklarasi itu digelar di Alun-alun Kota Madiun dengan melibatkan ribuan masyarakat.(aji/mas)

Sumber: