RS Bhayangkara Buka Layanan Baru Immunotherapy Pertama di Jatim

RS Bhayangkara Buka Layanan Baru Immunotherapy Pertama di Jatim

Persemian layanan Immunotherapy di RS Bhayangkara. -Farid Al Jufri-

SURABAYA, MEMORANDUM - Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Surabaya membuka fasilitas baru yakni berupa layanan Immunotherapy by Terawan. Immunotherapy atau imunoterapi merupakan salah satu jenis pengobatan kanker yang berfokus pada peningkatan kerja kekebalan tubuh.

Letnan Jenderal TNI Prof Dr dr Terawan Agus Putranto dan Kapolda Jatim Irjen Imam Sugianto meresmikan layanan terbaru yang diklaim pertama di Jawa Timur pada Senin, 29 April 2024.

Terawan mengatakan, imunoterapi merupakan pengobatan kanker dengan cara mendorong kerja sistem kekebalan tubuh untuk bekerja lebih baik lagi, sehingga faktor-faktor yang akan mengancam imunitas tubuh bisa diredakan.

"Imunoterapi adalah membuat imunitas dalam tubuh kita menjadi lebih bisa bekerja dengan baik, sehingga faktor-faktor yang akan mengancam imunitas tubuh kita bisa diredakan. Faktor-faktor itu bisa diakibatkan oleh inflamasi, apabila dapat ditekan dengan baik, maka bisa lebih baik bagi tubuh," kata Terawan saat ditemui awak media di RS Bhayangkara Surabaya.

BACA JUGA:Diresmikan Wakapolri, RS Bhayangkara Blora Siap Layani Seluruh Lapisan Masyarakat

Terawan menjelaskan, imunoterapi bekerja melalui beberapa mekanisme, yaitu merangsang pertahanan alami sistem imun tubuh agar bisa bekerja lebih keras. Serta, membuat kandungan zat yang mirip dengan komponen sistem imun tubuh melalui teknik laboratorium dan bermanfaat dalam meningkatkan kekuatan serta efektivitas sistem kekebalan tubuh seseorang.

"Layanan imunoterapi ini benar-benar pelayanan yang personalize, kita membangun sistem imun kita dari badan kita sendiri, seperti terapi secara customize, kalau (seumpama) batik tulis kita ingin gambar seperti apa, itu (bak) kesehatan kita dan dapat dikendalikan atau driven, jadi terapinya membawa kemajuan untuk imunity," imbuh eks Menteri Kesehatan RI ini.

Terawan mengaku telah mencobanya berulangkali. Menurutnya, dampak yang ditimbulkan dari imunoterapi bagi tubuh sangat baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Imunoterapi ini juga bagus bagi penderita diabetes dan kerusakan ginjal akibat diabet.

"Memang saya sendiri disuntik sampai 6 kali, dampaknya tidak mudah lelah, tidak jet lag, bersyukur mudah-mudahan ini bisa menambah kesehatan dari masyarakat dan menambah layanan di RS Bhayangkara Jatim ini sehingga menjadi hal yang baru dan ini bisa menjadi pusat riset," jelasnya.

BACA JUGA:Peringati Hari Sumpah Pemuda, Karyawan RS Bhayangkara Kenakan Baju Adat

Ia berharap, layanan ini dapat ditingkatkan maksimal oleh Polri dan masyarakat Jatim. Selain itu, layanan ini diharapkan juga bisa mendorong kemajuan teknologi kesehatan bagi masyarakat.

"Ini merupakan teknologi kesehatan terbaru dan semoga bisa menjadikan lebih baik lagi," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Jatim Irjenpol Imam Sugianto mengungkapkan bahwa dengan di-launchingnya layanan Immunotherapy by Terawan diharapkan bisa meningkatkan kesehatan khususnya personel Polda Jatim

"Diharapkan layanan Immunotherapy ini tak hanya untuk polri, tapi juga untuk meningkatkan kesehatan masyarakat Jawa Timur," kata Irjen Imam.

BACA JUGA:Jelang Hari Bhayangkara ke-76, Polres dan RS Bhayangkara Bojonegoro Gelar Bakti Kesehatan Presisi

"Kami mendukung layanan imunoterapi ini bagi warga Jatim dan terima kasih kepada Dokter Terawan," tuturnya. (rid)

Sumber: