Buat Kalian yang Mau Terjun ke Dunia Stand Up Comedy, Berikut Beberapa Teknik dalam Stand Up Comedy

Buat Kalian yang Mau Terjun ke Dunia Stand Up Comedy, Berikut Beberapa Teknik dalam Stand Up Comedy

Dalam dunia stand up comedy terdapat beberapa teknik yang penting untuk diketahui dan dimiliki setiap komika.-Ilustrasi Pixabay.-

MEMORANDUM - Stand Up Comedy bukan hanya sekedar monolog lucu di atas panggung. Dalam dunia Stand Up Comedy terdapat beberapa teknik yang penting untuk diketahui dan dimiliki setiap komika.

1. Rule of Three

Teknik rule of three merupakan teknik penulisan yang melibatkan tiga elemen untuk mencapai punch line. Biasanya, dua elemen awal akan berisi pembangun opini, lalu untuk elemen ketiga berisi pematahan opini sebagai punchline.

2. One Liner

One Liner ini merupakan teknik yang mudah dipelajari karena memiliki penulisan yang pendek. One Liner hanya membutuhkan 1-2 kalimat untuk membangun sebuah punchline. Salah satu komika yang memiliki ciri khas teknik ini adalah Indra Frimawan.

BACA JUGA:Buronan Kasus Kepabeanan Diringkus Setelah 9 Tahun Menghilang

3. Impersonation

Impersonation adalah menirukan suatu tokoh atau peristiwa sebagai punchline atau bahkan kritik sosial. Teknik ini salah satu teknik stand up comedy yang sulit karena membutuhkan riset yang mendalam agar apa yang ditirukan dapat ditangkap oleh penonton.

BACA JUGA:Gol Kemenangan Madrid yang Dicetak Arda Guler Buat Ancelotti Berubah Pikiran

4. Act Out

Teknik act out ini bermain di ranah ekspresi seorang komika. Bagaimana seorang komika dapat mengekspresikan atau memperagakan gerak tubuh maupun wajah untuk mendukung materi yang akan dibawa. Salah satu komika yang memiliki ciri khas ini adalah Fajar Nugra.

5. Callback

Callback adalah lelucon yang diulang-ulang. Terlihat sederhana, namun teknik ini sangat membutuhkan keterampilan berbicara yang baik dan juga timing yang tepat agar lelucon yang disampaikan bisa sama lucunya dengan yang sebelumnya atau bahkan lebih lucu.

6. Riffing

Sumber: