Ini yang Harus Dihindari Jika Tidak Mau Terkena Kencing Batu, Simak Tipsnya!

 Ini yang Harus Dihindari Jika Tidak Mau Terkena Kencing Batu, Simak Tipsnya!

Cara mencegah kencing batu, serta tips untuk meningkatkan asupan air, menjaga aktivitas fisik, dan mengelola pola makan.--Unsplash

SURABAYA, MEMORANDUM - Kencing batu merupakan salah satu penyakit yang cukup umum terjadi di Indonesia. 

Penyakit ini ditandai dengan terbentuknya batu di ginjal di dalam kandung kemih yang dapat menyebabkan penderitanya merasakan rasa sakit yang luar biasa nyeri saat buang air kecil.

Berikut beberapa hal yang harus dihindari untuk mencegah kencing batu:

1. Konsumsi Garam Berlebihan:

Garam dapat meningkatkan kadar kalsium dalam urin, yang dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Batasi konsumsi garam Anda tidak lebih dari 5 gram per hari.

BACA JUGA:5 Kebiasaan yang Bisa Menjadi Penyebab Batu Ginjal, Bukan Cuma Kurang Minum!

2. Konsumsi Protein Hewani Berlebihan:

Protein hewani seperti daging merah, unggas, dan telur dapat meningkatkan kadar asam urat dalam urin, yang juga dapat menyebabkan pembentukan batu ginjal. Konsumsi protein hewani secukupnya dan perbanyak konsumsi protein nabati seperti kacang-kacangan dan kedelai.

3. Kurang Minum Air:

Minum air putih yang cukup sangat penting untuk membantu mengeluarkan zat-zat yang dapat menyebabkan batu ginjal dari tubuh. Minumlah air putih minimal 8 gelas per hari.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Oksalat:

Oksalat adalah zat yang dapat berikatan dengan kalsium dan membentuk batu ginjal. Hindari makanan tinggi oksalat seperti bayam, bit, cokelat, dan kacang-kacangan.

BACA JUGA:Pengobatan Batu Ginjal Tanpa Operasi Dengan Metode ESWL

5. Konsumsi Minuman Bersoda:

Sumber: