Ini 5 Tips Berhenti Merokok

Ini 5 Tips Berhenti Merokok

Berusaha untuk berhenti merokok adalah sebuah tantangan bagi para perokok, pasalnya beberapa kandungan yang ada didalam rokok dapat memberikan efek kecanduan--Freepik

MEMORANDUM - Berhenti merokok adalah suatu hal yang sulit dilakukan untuk seseorang telah menjadi bagi perokok berat, efek candu dari nikotin sangat lah sulit untuk dihilangkan.

Berusaha untuk berhenti merokok adalah sebuah tantangan bagi para perokok, pasalnya beberapa kandungan yang ada didalam rokok dapat memberikan efek kecanduan sehingga saat seseorang mulai berhenti untuk merokok akan menimbulkan gejala penarikan nikotin.

Apalagi sebgai perokok aktif berhenti merokok secara tiba tiba justru tidak akan efacektif dan malah meperburuk gejala penarikan nikotin.

Akan tetapi bagi para perokok memutuskan berhenti adalah suatu yang tidak mungkin, jika anda adalah perokok aktif yang mempunyai tekad dan keinginan untuk berhenti merokok beberapa tips ini bisa anda gunakan sebagai cara untuk berhenti:

1.    Mengatur stress
Terkadang saat stress merokok adalah cara terbaik untuk menenangkan pikiran dan menghilangkan rasa stress tresebut, hal itu dikarenakan nikotin dapat memberikan efek relaksasi secara cepat.

Jadi ubahlah kebiasaan tersebut dengan mencari alternatif lain untuk meredakan stress, hal yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan aktivitas yang disenangi seperti olahrga, meditasi, atau terapi pijat, selain itu hindari juga hal yang bisa membuat anda kembali stress.

BACA JUGA:Merokok saat Puasa Sering Dianggap Sepele, Padahal...

BACA JUGA:Jarang Diketahui! Inilah Mitos dan Fakta Merokok dalam Kesehatan

2.    Minta bantuan dari keluarga atau teman
Saat anda mulai berhenti merokok mintalah bantuan kepada keluarga atau teman agar mereka bisa memberi dukungan dan dapat menjaga komitmen anda dalam berhenti merokok.

3.    Hindari hal yang memicu kembali merokok
Untuk mengurangi keinginan untuk merokok anda bisa menghindari kebiasaan yang dapat memicu anda untuk kembali merokok seperti minum kopi ataupun nongkrong dengan sesama perokok.

Tapi hal itu Cuma sementara , Ketika anda dirasa bisa mengontrol diri anda untuk tidak merokok lalukanlah aktivitas normal seperti biasanya.

4.    Rutin berolahraga
Olahraga dapat menjadi cara untuk berhenti merokok, karena ketika keinginan untuk merokok datang anda bisa mengalihkan pikiran tersebut dengan melakukan olahraga seperti joging, bersepeda atau yang lainnya.

Karena selain mebuat badan menjadi sehat, olahraga juga dapat mengurangi efek dari kecanduan nikotin.

5.    Terus komitmen dan jangan menyerah
Meskipun anda gagal dan akhirnya kambuh untuk merokok lagi, tapi jangan meyerah dan teruslah berkomitmen untuk kembali berhenti.

Dengan komitmen tersebut akan membuat kebiasaan merokok mulai berkurang secara perlahan, dan alhasil keinginan anda untuk merokok dapat tercapai dengan baik.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan jika anda mempunyai keinginan untuk berhenti merokok, jika dirasa hal tersebut masih sulit untuk dilakukan anda bisa berkonsultasi pada dokter atau orang yang profesional yang dapat membantu anda untuk berhenti merokok. (mg18)

 

Sumber: