Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Tekad Timnas untuk Lolos Olimpiade Paris

Indonesia vs Korea Selatan di Piala Asia U-23 2024, Tekad Timnas untuk Lolos Olimpiade Paris

Coach Shin Tae-yong dan kapten Timnas Indonesia U-23 Risky Ridho. -Istimewa-

DOHA, MEMORANDUM - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi Korea Selatan U-23 dalam babak 8 besar Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat 26 April 2024 pukul 00.30 WIB.

BACA JUGA:Marselino Ferdinan: Pencetak 2 Gol Melawan Yordania, Pemain Muda Terbaik Liga 1 yang Kini Berkarir di Eropa 

Jelang laga tersebut, pelatih Shin Tae-yong akan tetap profesional meskipun menghadapi negara asalnya.

BACA JUGA:Lolos 8 Besar Piala Asia U-23, Erick Thohir Bangga dengan Semangat Juang Pemain 

Shin Tae-yong akan bersikap profesional di pertandingan melawan Korsel. Shin memastikan dirinya tidak akan setengah hati menghadapi tim nasional negaranya itu. Dan bertekad bisa lolos Olimpiade Paris 2024.

BACA JUGA:Babak pertama Piala Asia U-23 2024 Grup A, Indonesia Unggul 2-0 atas Yordania 

Pelatih kepala tim, Shin Tae-yong mengungkapkan mengenai babak grup, ia mengaku masih menyesalkan laga pertama timnya melawan Qatar. Shin mengatakan jika wasit memimpin laga dengan baik, kemungkinan tumbas Garuda Muda akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

BACA JUGA:Bojonegoro Hibah Rp 29,8 M, Barter Wilayah Lamongan 45 Hektare 

"Tapi apa yang terjadi, terjadilah. Tetapi saya menyesalkan kejadian itu. Kemudian laga kedua melawan Australia, itu mungkin laga dengan lawan terbesar dan tersulit selama fase grup dalam kompetisi ini. Tapi kami mental dan keinginan yang kuat, serta pemain melakukan yang terbaik. Faktor itulah yang membuat kami bisa meraih hasil positif,” kata Shin Tae-yong dikutip laman resmi PSSI.

BACA JUGA:Mengawal Ide Besar Pemkot Pasuruan dalam Mengembangkan Wisata Heritage Terintegrasi 

Pada laga ketiga melawan Yordania, timnas hanya memerlukan hasil seri untuk memastikan diri lolos ke babak 8 besar. Namun STY berpesan pada pemain untuk tidak mengharapkan hasil imbang. Hal tersebut adalah pemikiran yang berbahaya.

BACA JUGA:Sedang Tayang di Bioskop! Badarawuhi di Desa Penari Membahas Apa Saja? 

"Jadi kita harus memenangkan laga, saya berikan kepercayaan penuh kepada pemain, pemain pun melakukannya dengan baik. Itu kenapa kami juga bisa meraih hasil yang baik di laga itu. 4-1 itu kemenangan besar. Secara keseluruhan, ketiga laga itu pemain bermain dengan baik. Usaha mereka juga luar biasa," bebernya.

BACA JUGA:Bupati Hendy Canangkan Parade Pegon Digelar Setiap Hari Libur di Jember 

Menghadapi Korea Selatan besok, Jumat 26 April 2024 dini hari, STY sebenarnya berharap bisa menghindari bertemu dengan Korea Selatan, walaupun Jepang mungkin lawan yang sulit.

“Sebenarnya saya ingin bertemu Korea Selatan itu di final. Itu pemikiran saya sebelum lawan kami ditentukan. Saya tidak begitu senang. Ini takdir. Kami akan melakukan yang terbaik untuk besok," ungkapnya.

Sementara itu kapten timnas U-23 Rizky Ridho mengatakan perjalanannya di babak grup tak begitu menyenangkan, apalagi terkait laga pertama melawan tim tuan rumah.

“Pertama lawan Qatar kita sedikit kecewa, bahkan sampai saat ini. Karena kita tahu sendiri, harusnya kita menang melawan mereka, tapi hasil berkata lain dan ya kita bisa lihat sendiri wasit seperti itu," kata pemain Persija tersebut.

Ketika menghadapi Australia, timnya bermain bagus dan berhasil meraih 3 poin. Pastinya kemenangan atas Australia membuat semangat tim meningkat dan kepercayaan diri lebih.

“Waktu lawan Yordania, saya dan teman-teman bertekad tidak ingin bermain imbang, kita harus menang, karena ini sangat berbahaya kalau kita hanya imbang, bisa-bisa malah kita kalah," paparnya.

Ridho mengungkapkan bahwa pertandingan besok menghadapi Korea Selatan semua pemain sudah siap dan akan menampilkan permainan terbaik. Pastinya ua dan pemain lainnya tidak ingin mengecewakan masyarakat Indonesia yang terus mendukung.

"Kita akan ikuti instruksi dari pelatih untuk pertandingan besok dan semoga kita bisa menang, dan lanjut sampai ke target kita yaitu lolos ke Olimpiade Paris 2024,” pungkas Ridho.

Diketahui syarat untuk lolos ke Olimpiade Paris 2024 yakni harus menempatkan 3 besar. Sedangkan peringkat 4 harus menjalani playoff untuk bisa lolos. (*)

Sumber: