7 Dampak Buruk Media Sosial Bagi Dewasa Akhir

7 Dampak Buruk Media Sosial Bagi Dewasa Akhir

Dewasa akhir adalah periode kehidupan yang dimulai pada usia 60 tahun ke atas. Pada periode ini, individu mengalami berbagai perubahan fisik, psikologis, dan sosial.-wordpress.com-pinterest

SURABAYA, MEMORANDUM - Dewasa akhir adalah periode kehidupan yang dimulai pada usia 60 tahun ke atas. Pada periode ini, individu mengalami berbagai perubahan fisik, psikologis, dan sosial.

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan banyak orang, termasuk dewasa akhir. 

Platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter menawarkan berbagai manfaat, seperti membantu tetap terhubung dengan keluarga dan teman, mendapatkan informasi, dan bersenang-senang.

Namun, di balik manfaatnya, media sosial juga memiliki beberapa dampak buruk, terutama bagi orang dewasa akhir.

Berikut adalah 7 dampak buruk media sosial yang perlu diwaspadai:

1. Ketergantungan dan Kecanduan

Penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menyebabkan ketergantungan dan kecanduan. Hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti pekerjaan, hubungan sosial, dan kesehatan fisik

Dewasa akhir yang kecanduan media sosial mungkin menghabiskan waktu berjam-jam untuk scrolling newsfeed, meskipun mereka tahu bahwa itu tidak baik untuk mereka.

BACA JUGA:Waspada! 6 Tanda Kamu Telah Kecanduan Media Sosial

2. Perasaan Kesepian dan Isolasi

Media sosial terkadang dapat menciptakan ilusi koneksi sosial, padahal kenyataannya justru dapat membuat orang merasa lebih kesepian dan terisolasi. 

Interaksi di media sosial umumnya bersifat dangkal dan tidak dapat menggantikan interaksi tatap muka yang lebih bermakna. 

Dewasa akhir yang menghabiskan banyak waktu di media sosial mungkin merasa terputus dari keluarga dan teman di dunia nyata.

3. Cyberbullying dan Pelecehan Online

Sumber: