Ternyata Lingkungan Pertemanan Berpengaruh pada Kesehatan Mental

Ternyata Lingkungan Pertemanan Berpengaruh pada Kesehatan Mental

Temen-temen yang baik itu nggak cuma temen main atau curhatan aja, tapi ternyata mereka juga bisa berpengaruh pada kesehatan pikiran kita.-Ilustrasi Freepik.-

MEMORANDUM - Temen-temen yang baik itu nggak cuma temen main atau curhatan aja, tapi ternyata mereka juga bisa berpengaruh pada kesehatan pikiran kita, loh! 

Gimana sih hubungannya? 

Gini nih, ketika kita punya temen yang selalu nemenin, dukung, dan ngasih semangat, itu bisa bikin kita lebih bahagia dan lebih kuat menghadapi masalah.

BACA JUGA:Sidang Putusan Sengketa Hasil Pilpres 2024 Berlangsung Hari Ini di MK

Teman yang Baik Bisa Bantu Atasi Masalah

Saat kita lagi down atau punya masalah, punya temen yang bisa ditemui dan diajak ngobrol itu bisa bikin kita merasa lebih baik. 

Mereka yang mau dengerin cerita kita, kasih saran, atau bahkan cuma mendengarkan aja tanpa ngomong banyak. 

Dukungan emosional kayak gini bisa bantu mengurangi stres dan kecemasan kita, lho!

BACA JUGA:Tumbangkan Barcelona, Real Madrid Memenangi Duel El Clasico

Pentingnya Kejujuran dan Keterbukaan

Kejujuran dan keterbukaan dalam pertemanan juga penting, karena bisa bikin kita merasa lebih nyaman dan bebas menjadi diri sendiri. 

Dengan temen yang bisa kita percaya dan nggak memaksakan kita jadi orang lain, kita jadi bisa lebih rileks dan nggak perlu khawatir ditolak.

Teman yang Positif, Pengaruhnya Bikin Senang

Saat kita bergaul dengan orang-orang yang optimis dan punya pandangan hidup yang positif, kita juga jadi lebih termotivasi dan semangat. 

Sumber: