Tradisi Arisan Keluarga, Ajang Mempererat Tali Silaturahmi

Tradisi Arisan Keluarga, Ajang Mempererat Tali Silaturahmi

Arisan keluarga dapat dijadikan wadah untuk berkumpul, juga dapat merekatkan tali persaudaraan dari leluhur hingga anak cucu sampai cicit--Unsplash

MEMORANDUM - Berkumpul dengan keluarga besar merupakan momen yang tak sering bisa dilakukan dan jarang. Hal itu dikarenakan perbedaan tempat tinggal, kesibukan dan juga berbagai hal yang membuat waktu untuk kumpul bersama sulit terjadi.

Oleh karena itu keakraban antar kerabat terutama bagi anak anak kerabat yang tak pernah bertemu mulai berkurang karena tak saling mengenal, apalagi di era modern yang masyarakatnya cenderung individu.

Namun biasanya ada hal yang harus dibentuk untuk kembali menciptakan keakraban suasana keluarga besar, seperti adanya momen momen tertentu seperti hari raya ataupun ada salah satu keluarga besar yang mempunyai hajatan, barulah momen pertemuan itu dapat tercipta.

Pada momen tersebut barulah antar generasi keluarga mulai dapat mengenalkan satu sama lain, biasanya anak akan diperkenalkan oleh orang tua mereka dengan keluarga jauh yang belum mereka temui karena berbeda tempat tinggal yang jauh ataupun karena memang tak ada waktu.

Akan tetapi momen momen tersebut hanya berlalu selintas saja, karena seperti jika hanya menunggu momen hari raya hal itu hanya berlasung setahun sekali, apalagi momen adanya hajatan sepeti pernikahan yang tak tentu kapan akan terjadi.

BACA JUGA:Menyiapkan Hidangan Lebaran untuk Keluarga Kecil di Perantauan, Simple dan Penuh Kejutan

BACA JUGA:Mudik ke Kampung, Pererat Ikatan Kekeluargaan dan Bikin Silaturahmi Makin Mantap

Maka dari itu untuk terus meningkatkan tali silaturahmi antar keluarga di Indonesia sendri mempunyai tradisi untuk dijadikan momen antar keluarga besar agar bisa berkumpul yaitu arisan keluarga.

Arisan keluarga dapat dijadikan wadah untuk berkumpul, juga dapat merekatkan tali persaudaraan dari leluhur hingga anak cucu sampai cicit, karena dengan adanya arisan keluarga ada suatu hal yang bisa mengharuskan antar keluarga untuk bisa saling berkumpul.

Memang belum bisa diketahui secara pasti kapan munculnya tradisi arisan keluarga di Indonesia ini ada, arisan sendiri merupakan kegiatan mengumpulkan uang bernilai sama sesuai yang telah disepakati untuk kemdian di undi untuk kapan seseorang akan menerima uang tersebut.

Kegiatan arisan sendiri selain menjadi momen untuk bisa berkumpul, juga dapat membantu ekonomi antar keluarga karena metode yang diganakan dalam arisan sama dengan menabung namun untuk bisa berkesempatan mendapat uang tersebut harus ditentukan melalui undian urutan.

Maka dari itu arisan keluarga adalah tradisi yang patut untuk dilestarikanm karena tradisi tersebut memupuk semangat dari sila ketiga yaitu persatuan, serta kaya akan makna persaudaraan dan gotong royong. (mg18)

Sumber: