Waspadai DBD! Kenali 6 Gejalanya dan Segera Cari Pertolongan Medis

Waspadai DBD! Kenali 6 Gejalanya dan Segera Cari Pertolongan Medis

-freepik-

MEMORANDUM - Kasus DBD (Demam Berdarah Dengue) kembali marak di sejumlah daerah di Indonesia. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) mencatat sebanyak 62 ribu kasus DBD per pekan ke-15 tahun 2024. Gejala DBD harus diwaspadai sejak awal agar penanganannya tidak terlambat dan berakibat fatal.

BACA JUGA:Simak Jadwal Lengkap Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri 2024 Berikut Ini

DBD adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue yang ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus. Gejala DBD dapat bervariasi dari ringan hingga berat, terkadang juga sulit dibedakan dengan penyakit lain seperti flu atau malaria.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Berikut adalah 6 gejala DBD yang perlu Anda perhatikan.

 

1. Demam Tinggi

Demam tinggi yang berlangsung lebih lama dari demam biasa (lebih dari 3 hari) merupakan salah satu gejala DBD yang paling umum. Demam ini biasanya disertai dengan rasa dingin dan sakit kepala.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

2. Nyeri Otot dan Sendi

Nyeri otot dan sendi yang parah, terutama di bagian kaki, tulang belakang, dan belakang mata, juga merupakan gejala DBD yang sering terjadi.

 

3. Sakit Kepala Parah

Sakit kepala yang parah dan tidak kunjung reda dapat menjadi tanda-tanda DBD. Sakit kepala ini dapat disertai dengan rasa pusing dan mual.

Sumber: