Serahkan Sertifikat Gereja, AHY Ajak Pegawai BPN Tegakkan Keadilan

 Serahkan Sertifikat Gereja, AHY Ajak Pegawai BPN Tegakkan Keadilan

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono menyerahkan sertifikat gereja di acara perayaan Paskah di Ciputra Hall. --

SURABAYA, MEMORANDUM-Usai dari Kantor Pertanahan Kota Surabaya I, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), menghadiri perayaan Paskah Kementerian ATR/BPN Tahun 2024, di Ciputra Hall, Citraland, Surabaya, Jumat sore, 19 April 2024.

Di lokasi perayaan Paskah, Menteri AHY sekaligus menyerahkan sertifikat tanah gereja kepada pengurus gereja. Perayaan Paskah yang digelar di Ciputra Hall ini mengangkat tema “Hidup sebagai Alat Kebenaran-Nya” dengan sub tema “Merajut Kebangsaan melalui Layanan Pertanahan dan Tata Ruang bagi Kesejahteraan Umum”. 

BACA JUGA:Kunjungi Kantah Surabaya I, Menteri ATR/Kepala BPN Imbau Masyarakat Manfaatkan Layanan yang Ada

Tema ini relevan dengan tugas dan tanggung jawab pegawai Kementerian ATR/BPN dalam memberikan pelayanan pertanahan dan kepastian hak atas tanah di seluruh wilayah Indonesia.

"Selamat Hari Raya Paskah, semoga keberkahan membersamai saudara-saudara kita yang sedang merayakan Paskah. Saya bangga dan turut berbahagia. Karena  inilah keunikan dan kekuatan mengapa Indonesia besar, ini karena toleransi yang kuat," ujar AHY dihadapan ratusan jemaat yang merayakan Paskah. 

BACA JUGA:Menteri ATR/Kepala BPN Hadiri Perayaan Paskah Tahun 2024 di Surabaya

Masih kata AHY, pihaknya juga mengajak kepada jajaran pegawai BPN sesuai dengan tugas pokok dan fungsi untuk menegakkan keadilan, khususnya menyangkut persoalan tanah yang sedang dihadapi masyarakat. 

"Kebenaran dekat dengan keadilan. Mari kita menegakkan keadilan sesuai profesi kita. Mari kita tegakan kebenaran mulai dari diri kita sendiri, " pintar Ketua Umum DPP Partai Demokrat ini. 

Dalam kegiatan ini, Menteri AHY menyerahkan sebanyak 16 Sertipikat Hak Milik terhadap 3 gereja, antara lain Gereja Kristen Indonesia Sinode Wilayah Jawa Timur di Kota Surabaya sebanyak 10 sertipikat; Majelis Agung Gereja Kristen Jawi Wetan di Kabupaten Ngawi sebanyak 5 sertipikat; dan Badan Gereja Katolik Paroki Mater Dei di Kota Madiun sebanyak 1 sertipikat.

Selain itu, Menteri ATR/Kepala BPN turut memberikan bantuan sebesar Rp10 juta kepada Yayasan Cinta Kasih Ibu dengan penghuni panti sejumlah 57 orang dan Yayasan Kasih Agape dengan penghuni panti sejumlah 60 orang.

Penyerahan sertipikat tanah gereja dan santunan ini merupakan wujud bahwa negara hadir dalam memberikan kepastian hukum setiap umat beragama untuk dapat beribadah dengan baik dan aman. Hal ini juga sebagai bukti bahwa sertipikasi tanah dilakukan tanpa terkecuali, tanpa diskiriminasi. (mik)

Sumber: