Resmikan Gedung PLUT KUMKM, Gus Ipul Minta Dinas Lebih Berkontribusi

Resmikan Gedung PLUT KUMKM, Gus Ipul Minta Dinas Lebih Berkontribusi

Ketua Dekranasda Kota Pasuruan Hj Fatma Saifullah Yusuf didampingi wali kota dan wawali menggunting bunga tanda peresmian gedung PLUT K-UMKM.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi dan UKM (K-UKM) akhirnya diresmikan Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf pada Rabu, 17 April 2024.

BACA JUGA:Simak Jadwal Lengkap Tahapan Seleksi Penerimaan Calon Anggota Polri 2024 Berikut Ini

Wali kota yang karib disapa Gus Ipul ini berharap ke depan gedung di bawah leading sector Dinas Koperasi ini bisa lebih berkontribusi buat pegembangan koperasi dan UMKM.

"Dengan hadirnya PLUT ini, koperasi dan UMKM diharapkan bisa lebih berkontribusi," ucap Gus Ipul usai peresmian gedung PLUT K-UKM ini.

Gus Ipul menambahkan, hadirnya gedung ini untuk mendorong koperasi dan para UMKM untuk lebih berkontribusi pada PLUT. Menurutnya, kegunaan gedung ini lebih memprioritaskan kegiatan pemberdayaan pengembangan koperasi dan UMKM serta wirausaha.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

"Gedungnya jangan sampai kosongi. Harus terus berkelanjutan untuk menuju kemandirian usaha," terangnya.

Pembangunan gedung ini diharapkan dapat digunakan sebagai pengembangan koperasi dan UMKM di Kota Pasuruan. Gus Ipul juga menyampaikan bahwa keberadaan PLUT-KUMKM ini dapat memperkuat kemitraan koperasi dan UMKM serta wirausaha dengan para pemangku kepentingan (stakeholder).

"Datangkan pengusaha yang kreatif untuk bisa datang di gedung ini. Supaya UMKM dan wirausaha kita  lebih berkelas," harapnya.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Peresmian Gedung PLUT-KUMKM ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gus Ipul. Kemudian dilanjutkan pemotongan pita oleh Ketua Dekranasda Kota Pasuruan Hj Fatma Saifullah Yusuf didampingi oleh Wakil Ketua II TP PKK Kota Pasuruan Yanti Rudianto.

Kegiatan peremian ini juga dihadiri Wawali Adi Wibowo, para kepala satker atau OPD terkait, Wakil Ketua II TP PKK Kota Pasuruan Yanti Rudianto, camat dan lurah se-Kota Pasuruan.

Dalam sambutannya, Gus Ipul menekankan bahwa PLUT-KUMKM ini diharapkan bisa terus melakukan pelatihan secara berkesinambungan. Mulai dari awal pelatihan hingga pemasaran.

BACA JUGA:Turnamen e-Sport Wali Kota Cup 2024 Ditutup, Mas Adi: Pesertanya Keren-Keren

"Seperti yang saya sampaikan tadi, untuk bisa UMKM berkelas berikan pelatihan mulai dari awal pelatihan, pendampingan yang mencakup kelembagaan, sumber daya manusia, produksi hingga pemasarannya," cetusnya.

Wali kota juga menegaskan jika pusat layanan ini harus bisa bersinergi program dengan OPD lain di lingkungan Pemerintah Kota Pasuruan. Termasuk dalam memanfatkan ruang pelatihan yang berkapasitas 50 orang.

Ruang itu bisa dimanfaatkan untuk siapa saja. Yang terpenting adalah Ruang pelatihan bisa dimanfaatkan untuk siapa saja termasuk di luar dinas. Yang terpenting membahas dunia usaha.

BACA JUGA:Bangkitkan Kung Mania, Gelar Lomba Perkutut Piala Wali Kota Cup

“Ruang pertemuan yang di lantai II itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Intinya harus membahas tentang dunia usaha," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Kota Pasuruan, Mokhamad Faqih mengatakan bahwa gedung PLUT bisa dimanfaatkan oleh pelaku UKM/UMKM untuk memajang hasil karyanya. Di dalam gedung tersebut juga terdapat ruang galeri dan workshop.

BACA JUGA:Haul Mbah Slagah Dipadati Jemaah, Mas Adi: Akses Menuju Makam Lebih Luas

Faqih berharap para pelaku usaha bisa memanfaatkan layanan yang ada di gedung PLUT. Seperti ruang pertemuan, dimana para pelaku bisa bertukar pikiran dalam pengembangan usaha secara bersama-sama. Pemanfaatan lainnya dari fasilitas PLUT-KUMKM untuk aktivitas komersial bagi pengembangan usaha koperasi dan UMKM serta wirausaha. (*)

Sumber: