Masuk Jalur R-4, Scoopy Seruduk Pikap di Jembatan Suramadu

Masuk Jalur R-4, Scoopy Seruduk Pikap di Jembatan Suramadu

Petugas mengevakuasi korban kecelakaan di Jembatan Suramadu saat arus balik Hari Raya Idulfitri.-Biro Madura-

BANGKALAN, MEMORANDUM - Personel Polres Bangkalan all out untuk memaksimalkan pengamanan puncak arus balik Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriyah. Termasuk merazia kendaraan skala besar R-2 dan R-4 yang tidak mematuhi ketentuan tertib lalin di pintu keluar-masuk Jembatan Suramadu sisi Madura di Kecamatan Labang.

BACA JUGA:Penerimaan Akpol, Bintara, dan Tamtama Polri 2024 : Berikut Syarat dan Jadwal Pendaftaran

Meski begitu, insiden laka lantas masih saja terjadi. Seperti Senin, 15 April 2024 malam sekitar pukul 19.40 WIB, laka lantas terjadi di Jembatan Suramadu di kilometer 4  ke arah pintu  keluar sisi Madura.

BACA JUGA:Pendaftaran Akpol 2024 Dibuka! Ini Syarat dan Jadwal Pendaftarannya

Peristiwa itu  ketika pengendara Honda Scoopy M 3541 IJ tiba-tiba menyeruduk pikap W 8986 D yang parkir di bahu sisi kiri jalur mobil jembatan karena ban bocor. Video insiden ini viral di medsos lantaran diabadikan pengendara.

Imbasnya, pengendara motor inisial FR (24) dan MF (24) yang melaju kencang dari arah Surabaya, terkapar tak sadarkan diri. Keduanya yang berboncengan menderita luka cukup parah.

BACA JUGA:Satlantas Polres Bangkalan Kawal Tertib Lalin di Kawasan Padat Ranmor

Hingga kini, korban FR dan MF, keduanya warga Kecamatan Arosbaya, masih menjalani perawatanintensif setelah dirujuk ke RUSD Syamrabu, Kabupaten Bangkalan.

BACA JUGA:Tekan Potensi Laka-Lantas, Personel Satlantas Polres Bangkalan Razia Bentor Angkutan Barang

Scoopy yang remuk total dibagian moncongnya, serta pikap yang dikemudikan S (45) asal Kabupaten Gresik, langsung diamankan ke kantor Unitlaka Satlantas Polres Bangkalan di Kelurahan Pejagan, Kecamatan Bangkalan Kota.

BACA JUGA:Dilarang Melintas di Jalan Raya, Satlantas Polres Bangkalan Sosialisasikan Penggunaan Sepeda Listrik

“Lakalantas itu terjadi karena pengendara Scoopy tidak mematuhi ketentuan dan aturan lalu-lintas. Korban yang berboncengan nyerobot dan masuk ke jalur jalan khusus R-4,” kata Kanitlaka Ipda Jauhari S, Selasa, 16 April 2024.

BACA JUGA:Diserobot Pegowes, Satlantas Polres Bangkalan Perketat Jalur R4 Jembatan Suramadu

Padahal, puluhan personel Polres Bangkalan, TNI, Satpol-PP dan Dinas Perhubungan, sudah all out melakukan pengamanan arus mudik dan arus balik lebaran di sekitar pintu keluar-masuk Jembatan Suramadu sisi Madura.

Bahkan aparat  intens merazia bagi semua kendaraan R-2 dan  R-4 yang terdeteksi melanggar aturan lalu-lintas. Tujuannya untuk meminimalisir terjadinya laka lantas. Imbasnya puluhan kendaraan terjaring razia.

BACA JUGA:Satlantas Polres Bangkalan Terjunkan Robocop untuk Edukasi Tertib Lalu Lintas

“Mereka kami arahkan agar tidak ugalan-ugalan saat berkedaraan di jalan raya saat puncak arus mudik dan arus balik lebaran,” tandas Ipda Jauhari.

Tak terkecuali, saat melintas di Jembatan Suramadu, pengendara R-2 dilarang nyerobot masuk ke ruas jalan  khusus R-4. Sebab jalur khusus R-2 sudah tersedia di sisi kanan dan kiri Jembatan.

BACA JUGA:Satlantas Polres Bangkalan Sebar Brosur 7 Sasaran Operasi Zebra Semeru 2023

Tetapi, pelanggaran yang kerap terjadi dan terpantau aparat keamanan, ternyata didominasi pengendara R-2 yang nekat nyerobot masuk ke jalur khusus kendaran R-4 di sepanjang bentang tengah Jembatan Suramadu.

”Akhirnya, ya terjadilah kecelakaan itu,” pungkas Ipda Jauhari. (*)

Sumber: