Hadapi Tuan Rumah Qatar, Timnas Wajib Waspada

Hadapi Tuan Rumah Qatar, Timnas Wajib Waspada

Timnas Garuda Muda ketika menang tipis 1-0 atas UEA dalam uji coba terakhir sebelum berangkat ke Qatar. -Istimewa-

SURABAYA, MEMORANDUM - Timnas Indonesia U-23 akan menghadapi tuan rumah Qatar di matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024 yang dilangsungkan di Jassim bin Hamad Stadium, Senin 15 April 2024 pukul 22.30 WIB. Timnas Indonesia tetap waspada karena Qatar akan bermain dengan dukungan penuh suporternya. 

BACA JUGA:Timnas Indonesia Kalah Lawan Arab Saudi 1-3, STY Belum Puas

Di uji coba terakhir, baik Timnas Indonesia U-23 dan Timnas Qatar U-23 sama-sama meraih kemenangan. Timnas Indonesia U-23 menang 1-0 atas Timnas Uni Emirat Arab (UEA) U-23, sedangkan Qatar U-23 menumbangkan Malaysia U-23 dengan skor 1-0.

BACA JUGA:Justin Hubner Batal Gabung Timnas U-23 Indonesia

Dalam pertandingan perdana nanti Timnas Indonesia U-23 dipastikan belum bisa menurunkan pemain andalannya yakni Justin Hubner. Pemain Wolverhampton yang dipinjamkan ke Crezeo Osaka tersebut diketahui baru dilepas pada tanggal 17 April lalu. 

BACA JUGA:Persiapan Uji Coba Menghadapi Arab Saudi, Timnas U-23 Mulai Latihan Taktikal

Qatar diketahui sangat kuat pada level senior dan itu terbukti dengan gelar juara Piala Asia 2023 lalu. Sementara, pada level U-23, Qatar tidak terlalu dominan. Di Piala Asia U-23 2022 lalu, Qatar gagal lolos dari fase grup. Qatar bahkan gagal menang sama sekali.

BACA JUGA:Latihan Perdana di Dubai, Timnas U-23 Indonesia Recovery Kondisi Pemain

Meskipun begitu skuad timnas garuda muda juga memiliki masalah yang harus dipecahkan oleh Shin Tae-yong. Dalam pertandingan uji coba menghadapi UEA kemarin, penyelesaian akhir pemain dinilai masih kurang. 

BACA JUGA:Demi Kepentingan Timnas U-23 di Piala Asia 2024 Qatar, PSSI Tunda Liga 1

"Jadi ya performa sangat baik, tetapi ya kurangnya mungkin, kurang fokus untuk cetak gol ya. Kalau fokus lebih ya mungkin harusnya cetak 3-4 gol lebih, tapi itu yang kurang. Tapi secara keseluruhannya sangat baik untuk performa," kata STY.

BACA JUGA:Debut Gemilang Ragnar Oratmangoen: Cetak Gol dan Antar Kemenangan Timnas Indonesia

Indonesia tentu punya peluang menang karena diperkuat banyak pemain dengan jam terbang pada level senior. Selain itu, kerangka utama tim racikan Shin Tae-yong juga sudah cukup lama bermain bersama. Namun, Indonesia tetap harus ekstra hati-hati. (*) 

 

Sumber: