Pelayaran Pedas: Mencicipi Sambal dari Penjuru Dunia

Pelayaran Pedas: Mencicipi Sambal dari Penjuru Dunia

Sambal, saus pedas yang berasal dari Indonesia, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner Nusantara.-Ilustrasi Pixabay.-

MEMORANDUM - Sambal, saus pedas yang berasal dari Indonesia, telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kuliner Nusantara.

Namun tahukah Anda, ternyata sambal tak hanya milik Indonesia? Di berbagai penjuru dunia, terdapat variasi sambal khas masing-masing daerah yang tak kalah menggugah selera. Mari berlayar dan mencicipi pedasnya sambal dari berbagai negara:

Asia:

Indonesia: Indonesia sebagai kiblat sambal, memiliki kekayaan variasi yang tak terhitung jumlahnya. Sebut saja sambal terasi, sambal matah, sambal dabu-dabu, dan sambal bajak, masing-masing dengan cita rasa dan bahan khas daerah.

BACA JUGA:Tips Jitu Menjaga Kesehatan Setelah Kehujanan

Thailand: Thailand memiliki sambal fenomenal bernama Sriracha. Terbuat dari cabai, bawang putih, cuka, dan gula, Sriracha menawarkan rasa pedas dengan sedikit sentuhan asam dan manis.

Korea: Pecinta drama Korea pasti familiar dengan Gochujang. Sambal khas Korea ini terbuat dari cabai merah, kedelai fermentasi, tepung beras ketan, dan garam. Gochujang memiliki rasa pedas, manis, dan gurih yang unik.

BACA JUGA:Luar Biasa! MU U-18 Permak Liverpool 9-1

Tiongkok: Negeri Tirai Bambu memiliki Chili Oil. Sambal ini terbuat dari minyak yang diberi bumbu cabai, bawang putih, dan rempah lainnya. Chili Oil menawarkan sensasi pedas yang gurih dan biasa digunakan sebagai condiment.

Amerika:

Meksiko: Salsa, sambal khas Meksiko, biasanya dibuat dari tomat, cabai, bawang merah, dan perasan jeruk lemon. Salsa memiliki tekstur yang lebih chunky dibanding sambal pada umumnya, dan menawarkan rasa pedas segar.

Amerika Serikat: Tabasco adalah nama yang tak asing lagi. Saus pedas ini terbuat dari cabai rawit Tabasco, cuka, dan garam. Tabasco memiliki rasa pedas yang tajam dan biasa digunakan sebagai saus tambahan pada berbagai hidangan.

Afrika dan Timur Tengah:

Afrika Selatan: Peri Peri adalah sambal khas Afrika Selatan yang terbuat dari cabai rawit African Bird's Eye, lemon, bawang putih, dan rempah lainnya. Peri Peri menawarkan rasa pedas yang citrusy dan biasa digunakan sebagai bumbu marinasi ayam.

Sumber: