LPJ Keuangan Kinerja Tahun 2023 Bumdes Sukses Abadi Karanganom Sukses Digelar

LPJ Keuangan Kinerja Tahun 2023 Bumdes Sukses Abadi Karanganom Sukses Digelar

Kades Sukar menerima Lpj dari Direktur Bumdes Sukses Abadi.-Biro Tulungagung-

TULUNGAGUNG, MEMORANDUM - Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Sukses Abadi Desa Karanganom, Kecamatan Kauman, telah Sukses menyampaikan laporan pertanggungjawaban (LPJ) tahun 2023 kepada masyarakat.

Disampaikan Direktur Bumdes Sukses Abadi, Siti Solekah SE, MM kepada memorandum.disway.id, LPJ tahun 2023 dilaksanakan di aula pertemuan kantor Desa Karanganom.

"Selaku Direktur Bumdes Sukses Abadi, kami bersyukur bahwa pada hari kamis tanggal 4 April kemarin, kami bersama pengurus telah menyampaikan LPJ kinerja tahun 2023 kepada masyarakat," terangnya, Jumat 5 April 2024.

Dalam acara itu, sambungnya, dihadiri Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPMD) Kabupaten Tulungagung Bidang Pemberdayaan Usaha Ekonomi Desa (PUED), Nurhadi Alfatah SE, Kepala Desa Karanganom beserta seluruh perangkatnya, pendamping Bumdes Kecamatan Kauman, BPD, Direktur Bumdes dan seluruh anggota,  pengawas, penasehat, beserta para tamu undangan.

BACA JUGA:Bumdes Sukses Abadi Karanganom Mengembangkan Unit Digital Desa

"LPJ tahun ini, ada beberapa hal yang disampaikan dari DPMD. Yaitu tentang program kerja untuk kemajuan Bumdes. Dan juga menentukan langkah untuk peluang usaha baru yang bisa dimanfaatkan Bumdes dalam melayani masyarakat," urainya.

Pihaknya bersyukur, sejauh ini bidang - bidang usaha Bumdes Sukses Abadi berjalan dengan baik.

"Alhamdulillah usahanya sudah berjalan. Bumdes kami ada toko sembako melayani kebutuhan masyarakat, tidak hanya di Desa Karanganom, tetapi juga melayani di wilayah Kecamatan Kauman," jelasnya.

Selain itu, Siti menambahkan, Bumdes Sukses Abadi akan terus melanjutkan program jaringan wifi yang sudah berjalan, pelanggannya ditingkatkan.

BACA JUGA:Desa Karanganom Sambut Ramah Kedatangan KKN MMD Mahasiswa UB

Sedangkan usaha yang lain, ada pelayanan masyarakat play ment point online bank (PPOB), transfer tarik online, pembayaran angsuran multi pay ment, her kendaraan tahunan dan 5 tahunan, dan bekerjasama dengan Dispenda Kabupaten Tulungagung dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan.

"Harapan kami ke depan melakukan usaha baru. Bumdes kami berupaya bisa bekerja sama dengan Bulog. Agar mendapat suplai beras dan minyak dari Bulog dengan harga net untuk dijual kepada konsumen lebih murah dibandingkan harga pasar. Sehingga, masyarakat berdatangan belanja di toko kami yaitu Bumdes Sukses Abadi," pungkas Siti.

Kepala Desa Karanganom, Drs Sukar menyampaikan ungkapan rasa syukur atas perkembangan Bumdes Sukses Abadi yang semakin sukses dan maju.

"Alhamdulillah Bumdes Sukses Abadi setiap tahunnya telah lebih maju dan berkembang. Terbukti memberikan kontribusi tambahan pendapatan asli desa (PAD) yang semakin baik setiap tahunnya, walaupun jumlahnya tak terlalu banyak," ungkapnya.

BACA JUGA:Pokmas Al Hidayah Karanganom Dapat Bantuan Hibah dari Pemprov Jatim

Kades Sukar berharap Bumdes ini bisa hidup dan terus berkembang. Sehingga kedepannya Bumdes Sukses Abadi lebih mencermati lagi peluang-peluang usaha apa saja yang belum digali dan selama ini belum dilaksanakan, juga belum tersentuh oleh masyarakat agar memperoleh nilai positif baik untuk masyarakat, maupun Pemerintah Desa Karanganom.

"Kita berupaya untuk mencarikan terobosan - terobosan agar Bumdes Sukses Abadi mendapat bantuan prioritas, baik dari pemerintah maupun pihak luar. Tujuannya supaya bisa mengembangkan kondisi Bumdes ini, sehingga bermanfaat bagi kita semuanya," tuturnya.(kin/mad)

Sumber: