Bupati Hendy Pastikan Libur Lebaran Stok Elpiji 3 Kg di Jember Aman

Bupati Hendy Pastikan Libur Lebaran Stok Elpiji 3 Kg di Jember Aman

Truk pengiriman terus bergerak jaga stok tabung elpiji 3 kilogram. -Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Beberapa pekan terakhir kelangkaan tabung elpiji 3 kilogram kembali terjadi di beberapa daerah termasuk di Kabupaten Jember. Namun hal itu tidak berlangsung lama. Pemerintah Kabupaten Jember telah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi agar kelangkaan tabung elpiji 3 kilogram tidak terjadi di Kabupaten Jember. Salah satunya, dengan berkoordinasi dengan Pertamina Surabaya.

BACA JUGA:LPG 3 Kg Langka di Jember, Ini Kata Pertamina 

Seperti yang disampaikan Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto ST IPU ASEAN Eng pihaknya memastikan stok tabung elpiji 3 kilogram di Jember aman. Hal itu disampaikan Bupati Hendy di sela-sela kegiatannya usai melakukan penyerahan SK kenaikan pangkat kepada ratusan ASN di Aula Gedung PB Soedriman.

"Mohon maklum teman-teman, menjelang akhir bulan Ramadan, banyak permintaan yang terjadi pada pelaku usaha UMKM," kata Hendy, Kamis 4 April 2024.

"Seharusnya beli satu malah beli 10, seharusnya beli yang 12 kilogram malah beli yang 3 kilogram karena ada subsidinya," imbuhnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Jember Yuliana Harimurti membenarkan hal tersebut.

Pihaknya telah berkoordinasi dengan Pertamina dan telah mendapatkan pasokan tabung elpiji 3 kilogram sebanyak 14.352 tabung pada Senin, 1 April 2024 dan sejumlah 71.240 tabung pada Selasa, 2 April 2024.

Pengiriman dilakukan sesuai ketersediaan atau stok di setiap pangkalan yang dilaporkan secara online ke Pertamina. Bahkan, pada 1 April hingga 3 April besok, Pertamina telah menambah stok pengiriman dari normal sebanyak 73 ribu tabung per hari menjadi 76.160 tabung per hari. "Naik 4,3 persen," tegasnya.

Terkait dengan stok tabung elpiji pada Lebaran, pihaknya juga telah bersurat ke Pertamina. Tujuannya, agar mengirimkan tambahan 100 persen di seluruh Kabupaten Jember dengan surat tertanggal 1 April 2024.

"Sudah direspons baik oleh Pertamina, selanjutnya akan didistribusikan ke pangkalan untuk menambah ketersediaan tabung gas di level pangkalan," tuturnya.

Karena itu, dia meyakinkan masyarakat bahwa stok tabung elpiji 3 kilogram aman. Namun, pihaknya juga mengimbau masyarakat untuk tidak berlebihan dalam membeli tabung elpiji 3 kilogram.

"Sesuai kebutuhan dan tidak berlebihan apalagi menimbun supaya tidak terjadi kelangkaan lagi," pungkasnya.

Jaminan ketersedian stok tabung elpiji 3 kilogram dikuatkan Ziko Aldilah, Manager Pertamina Jember, menerangkan, liburan panjang lebaran kami pastikan pendistribusian terus berjalan.

"Pendistribusian hanya libur rutin di hari minggu 7 April dan libur sehari pada hari pertama lebaran pada tanggal 10 April, namun demikian kebutuhan kami penuhi dihari lainya sebelum liburan, jadi stok tetap aman. " tutur Ziko Aldilah. (*)

Sumber: