Jangan Khawatir Kurus! 5 Rahasia Menaikkan Berat Badan Sehat di Bulan Ramadan

Jangan Khawatir Kurus! 5 Rahasia Menaikkan Berat Badan Sehat di Bulan Ramadan

-freepik-

MEMORANDUM - Puasa Ramadan identik dengan perubahan pola makan yang dapat memengaruhi berat badan. Bagi sebagian orang, Ramadan justru menjadi momen untuk menaikkan berat badan. Penambahan berat badan bukan hanya tentang estetika, tetapi juga untuk meningkatkan kebugaran dan kesehatan, terutama bagi mereka yang memiliki kekurangan berat badan atau gangguan pola makan. Berikut tips menambah berat badan saat puasa Ramadan:

BACA JUGA:Tips Diet Sehat Ala Amanda Manopo: Berat Badan turun hingga 15 Kg?

1. Fokus pada Makanan Bergizi

Saat sahur dan buka puasa, pilihlah makanan kaya protein, lemak sehat, dan serat. Contohnya ikan, roti gandum, daging, pasta, kacang-kacangan, dan alpukat. Pastikan asupan karbohidrat kompleks dan vitamin terpenuhi untuk menjaga energi dan metabolisme tubuh.

BACA JUGA:13 Manfaat Olahraga, Bukan Hanya Menurunkan Berat Badan

2. Tingkatkan Frekuensi Makan

Makan dengan porsi kecil tapi sering dapat membantu tubuh menyerap nutrisi lebih optimal. Selain sahur dan buka puasa, Anda bisa menambahkan camilan sehat di sela-selanya. Pilihlah buah-buahan, yogurt, atau kacang-kacangan.

BACA JUGA:Tips Jitu Menikmati Lebaran Tanpa Khawatir Berat Badan Naik

3. Pertimbangkan Konsumsi Suplemen

Jika Anda kesulitan mendapatkan makanan bergizi saat bulan puasa, pertimbangkan untuk konsumsi suplemen penambah gizi. Konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk memilih suplemen yang tepat.

BACA JUGA:Mengulik Fakta, Apakah Puasa Memang Efektif Menurunkan Berat Badan?

4. Jaga Hidrasi Tubuh

Minum air putih yang cukup sangat penting selama Ramadan, terutama untuk mencegah dehidrasi yang dapat mengganggu nafsu makan. Hindari minuman berkafein yang dapat memengaruhi keseimbangan cairan dalam tubuh.

BACA JUGA:Tips Cepat Menurunkan Berat Badan saat Puasa

Sumber: