Hal yang Tidak Seharusnya Dilakukan Saat Berkumpul Bersama Keluarga Besar Saat Idul Fitri

Hal yang Tidak Seharusnya Dilakukan Saat Berkumpul Bersama Keluarga Besar Saat Idul Fitri

Ilustrasi--

SURABAYA, MEMORANDUM - Momen Idul Fitri merupakan waktu yang dinanti-nanti untuk berkumpul bersama keluarga besar. Berkumpul bersama keluarga besar merupakan Momen untuk mempererat tali persaudaraan dan berbagi kebahagiaan.

Namun, ada beberapa hal yang tidak seharusnya dilakukan saat berkumpul bersama keluarga besar saat Idul Fitri agar momen kebersamaan ini tetap harmonis dan menyenangkan.

1. Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain, seperti pekerjaan, gaji, pernikahan, atau anak-anak, dapat menimbulkan rasa iri dan kecemburuan. Hal ini dapat merusak suasana kebersamaan dan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

2. Mengungkit Masa Lalu

Mengungkit masa lalu, seperti kesalahan atau kegagalan, dapat membuat orang lain merasa sedih dan terluka. Hal ini dapat merusak suasana kebersamaan dan menimbulkan perselisihan.

BACA JUGA:Jelang Hari Raya Idul Fitri! Inilah Ketentuan Zakat yang Wajib Diketahui

3. Bergosip

Bergosip tentang orang lain dapat menimbulkan rasa tidak nyaman dan merusak reputasi orang yang digosipi. Hal ini dapat merusak suasana kebersamaan dan menimbulkan perselisihan.

4. Membicarakan Politik atau Agama

Membicarakan politik atau agama dapat menimbulkan perdebatan dan perselisihan. Hal ini dapat merusak suasana kebersamaan dan membuat orang lain merasa tidak nyaman.

5. Terlalu Sibuk dengan Ponsel

Terlalu sibuk dengan ponsel dapat membuat orang lain merasa diabaikan dan tidak dihargai. Hal ini dapat merusak suasana kebersamaan dan membuat orang lain merasa tidak dipedulikan.

BACA JUGA:Makna Ketupat pada Hari Raya Idul Fitri, Simbolisasi Kebersihan dan Kesucian

Sumber: