Jelang Idulfitri 1445 Pemkab Jember Gelar Pasar Murah

Jelang Idulfitri 1445 Pemkab Jember Gelar Pasar Murah

Masyarakat antusias belanja di pasar murah di lapangan BUMDES Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi.-Biro Jember-

JEMBER, MEMORANDUM - Menjelang Hari Raya Idulfitri 1445 H tahun 2024 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember menggelar pasar murah bertempat di Lapangan BUMDES Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi, Senin, 1 April 2024 pagi.

BACA JUGA:Ringankan Beban Warga, Polres Jember Gelar Pasar Murah Tiap Hari Jum'at Selama Ramadan 

Langkah ini dilakukan sebagai upaya Pemkab Jember untuk menjaga kestabilan harga dan stok pangan jelang akhir Ramadan memenuhi kebutuhan Lebaran 1445 H.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember Andi Prastowo menjelaskan, bahwa Kegiatan ini digelar secara serentak di seluruh Indonesia. Baik secara online maupun offline.

BACA JUGA:Demi Minyak Goreng, Warga Serbu Pasar Murah dan Abaikan Prokes

“Program ini adalah gerakan pangan murah serentak nasional dalam rangka untuk membantu masyarakat untuk memberikan harga lebih murah dari harga pasar menyambut akhir bulan Ramadan memenuhi kebutuhan Hari Raya Idulfitri 1445 H,” terang Andi Prastowo, Senin 1 April 2024.

Andi berharap, kegiatan ini membantu memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Idulfitri dan tentunya untuk menekan inflasi, terlalu tinggi juga menjadi beban bagi masyarakat.

BACA JUGA:Operasi Pasar Murah Bulog Jember, Emak-emak Rela Berdesakan Abaikan Prokes demi Dapat Minyak Goreng

Menurut Andi, ada banyak produk yang disediakan. Mulai beras, gula, telur, daging ayam, lombok, bawang merah, dan bawang putih termasuk minyak goreng jadi serbuan masyarakat.

Warga sekitar antusias dan rela mengantre demi mendapatkan barang pokok dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasar. Salah satunya beras, dari Rp 53.500 menjadi Rp 52 ribu per lima kilogram.

Sementara itu menurut Camat Sukorambi Asrah Joyo Widono, menyampaikan rasa terima kasih sekaligus mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan ini sangat membantu bagi masyarakat ditengah naiknya harga kebutuhan di pasar menjelang Idulfitri 1445 H.

“Terima Kasih pada Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Jember, telah menggelar kegiatan pasar murah yang menyediakan kebutuhan pokok, ini sangat membantu bagi masyarakat kami,” tandas Asrah Joyo Widono. (*)

Sumber: