Spinner Alat Peniris Minyak yang Sedang Ramai di Media Sosial

Spinner Alat Peniris Minyak yang Sedang Ramai di Media Sosial

gorengan sudah menjadi menu yang mungkin pasti ada untuk berbuka puasa--Freepik

MEMORANDUM - Baru baru ini media sosial ramai oleh unggahan eksprerimen penggunaan Spinner, yaitu alat yang digunakan untuk meniriskan minyak.

Hal itu berawal dari unggahan akun ”x” milik Ismail Fahmi pendiri Drone Emprit, yang membuat video eksperimen dimana dalam viedo tersebut di memasukan 2 piring bakwan ke dalam mesin spinner lalu menghasilkan setengah gelas minyak goreng.

Melihat minyak tersebut membuat orang berpikir tentang keefektifan mesin tersebut, tentang bagaimana ia mengeluarkan minyak berlebih yang ada adalam bakwan.

Ditambah gorengan sudah menjadi menu yang mungkin pasti ada untuk berbuka puasa, jika melihat adanya kandungan minyak berlebih seperti itu akan membuat orang waspada karena takut akan menimbulkan penyakit.

Bagi para pelaku usaha sendiri kandungan minyak yang tinggi juga dari makanan yang digoreng juga menyebabkan produk cepat tengik dan tidak layak jual.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bantu Menurunkan Gula Darah

BACA JUGA:Dalih Ibu Sakit, Penjual Gorengan Tipu Rp 66,9 Juta

Makanan yang mengandung minyak tersebut sering terjadi dikarenakan olah makanan yang dimasak menggunakan temperatur tinggi dan minyak yang berulang ulang.

Sebenarnya untuk mengeringkan minyak sebelumnya alat yang digunakan adalah saringan minyak atau kertas koran.

Namun hal tersebut kurang efekti dikarenakan selain prosesnya yang lama, jika produk terlalu lama terkena udara akan mempengarhui kerenyahan produk makanan dan snack tersebut.

Untuk itu digunakanlah mesin spinner untuk mengurangi kadar minyak berlebih pada makanan.

Mesin spinner sendiri sebenarnya sudah lama digunakan oleh para pemilik usaha produksi makanan dan snack yang menggunakan banya minyak sebagai proses produksinya.

Mesin spinner dinilai jauh lebih efektif sebagai alat peniris minyak secara maksimal, selain cepatnya waktu dalam proses penirisan, mesin spinner juga tidak merusak tekstur dan rasa dari makanan.

Penggunan mesin spinners juga memiliki banyak keuntungan lain seperti :

Sumber: