Ramadan, Surga Merindukan Orang Berpuasa

Ramadan, Surga Merindukan Orang Berpuasa

KH Drs Khoiron Sueb Msi tokoh agama atau pengurus MWCNU Krembangan.-Alfin-

SURABAYA, MEMORANDUM - Pada hari-hari biasa, manusialah yang merindukan surga dengan berbagai amalan dan ibadahnya. Namun, di bulan suci Ramadan, situasinya berbeda. surga lah yang merindukan orang-orang yang berpuasa.

"Biasanya manusia yang merindukan surga dengan berbagai ibadahnya. Pada bulan puasa, justru kebalikannya, dimana surga merindukan kepada orang-orang yang berpuasa, " kata KH Drs Khoiron Sueb Msi tokoh agama di wilayah Kecamatan Krembangan.

Hal ini didasarkan pada beberapa hadits Nabi Muhammad SAW, salah satunya "surga merindukan empat golongan: orang yang membaca Al-Qur’an, orang yang menjaga lisannya, orang yang memberi makan orang lapar, dan orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Hadits ini menunjukkan bahwa orang-orang yang berpuasa di bulan Ramadan termasuk dalam golongan yang dirindukan oleh surga. Hal ini karena puasa Ramadan memiliki banyak keutamaan dan manfaat, di antaranya mendekatkan diri kepada Allah SWT, meningkatkan ketakwaan, membersihkan diri dari dosa, melatih kesabaran.

BACA JUGA:Hikmah Besar Dibalik Ibadah Umrah

Oleh karena itu, Khoiron Suaib mengajak umat muslim. manfaatkan bulan suci Ramadan ini dengan sebaik-baiknya. Berpuas dengan penuh keikhlasan dan ketaatan kepada Allah SWT.

"Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang dirindukan oleh surga, " ujarnya.

Pengurus MWCNU Krembangan ini menyampaikan pentingnya bulan Ramadan sebagai bulan penuh berkah dan ampunan. Allah SWT adalah Dzat yang Maha Pengampun dan Maha Penyayang. Dia selalu menerima taubat hamba-Nya yang dengan sungguh-sungguh memohon ampunan.

Oleh karena itu, ia mengajak untuk memperbanyak istighfar dan mohon ampunan kepada Allah SWT dengan penuh keikhlasan. Semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita dan memberikan pahala yang berlipat ganda.

BACA JUGA:Doa Meminta Hikmah saat Dihadapkan Masalah dalam Hidup

"Mari kita memperbanyak pahala di waktu bulan Ramadan. Karena pahala di bulan suci Ramadan, Allah SWT memberikan pahala yang berlipat ganda, " kata Khoiron.

Pengasuh Ponpes Yatim Piatu di wilayah Dupak Bangunsari juga menerangkan bahwa orang yang berpuasa di Ramadan memang memiliki kesempatan lebih besar untuk dikabulkan doanya. Dalam hal ini orang yang berpuasa saat Ramadan doanya lebih mustajab.

"Kemudian doanya orang-orang yang berpuasa mustajab. Mari kita terus berdoa selalu kepada Allah supaya dikabulkan," tuturnya.

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan sisa bulan Ramadan ini dengan sebaik-baiknya. Puasa Ramadan merupakan salah satu rukun Islam yang wajib ditunaikan oleh seluruh umat muslim yang baligh, sehat, dan mampu. Di balik kewajiban ini, terkandung rahasia luar biasa yang membawa manfaat bagi kesehatan fisik, mental, dan spiritual.

"Kita patut bersyukur kehadirat Allah SWT atas kesempatan untuk memasuki dan menjalani separuh bulan Ramadan ini. Puasa ini sebuah kewajiban, kecuali bagi orang yang sakit. Karena ini kewajiban ada rahasia luar biasa di dalamnya, " pungkasnya.(alf)

Sumber: