Pecahkan Rekor 19 Tahun, Indonesia Permalukan Vietnam 3-0 di Kandang

Pecahkan Rekor 19 Tahun, Indonesia Permalukan Vietnam 3-0 di Kandang

Timnas Indonesia yang mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0.-Istimewa-

HANOI, MEMORANDUM - Indonesia berhasil mengalahkan Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia dan memecahkan rekor 19 tahun tak mampu meraih kemenangan di kandang The Golden Star usai menang 3-0. Ketiga gol tim Garuda dicetak Jau Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadan Sananta.

BACA JUGA:Kuaifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia, Indonesia Sementara Unggul 2-0 atas Vietnam 

Bertanding di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa 26 Maret 2024 malam, tim asuhan Shin Tae-yong mempunyai kans besar lolos ke putaran ketiga usai kemenangan atas Vietnam.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Usung Misi Menang di Kandang Vietnam 

Di awal babak kedua, Vietnam langsung berinisiatif melakukan serangan. Namun kokonya pertahanan timnas membuat Vietnam kesulitan mendapatkan peluang berbahaya.

BACA JUGA:Prediksi Debut Thom Haye di Laga Vietnam vs Timnas Indonesia 

Pada menit ke-56, Nathan berhasil lolos di sisi kiri. Kemudian memberikan umpan matang ke gawang yang sayang masih belum bida dimanfaatkan penyerang timnas.

BACA JUGA:Jelang Vietnam vs Indonesia, STY Optimis Hapus Rekor Buruk 19 Tahun Tak Pernah Menang di Kandang Vietnam 

Pada menit ke-64, Vietnam mendapatkan peluang berbahaya. Mendapatkan umpan mendatar di sisi kiri, Bui Hoang yang tanpa pengawalan langsung melakukan tembakan. Sayangnya bola melambung tinggi atas gawang.

BACA JUGA:Jelang Indonesia versus Vietnam, Menanti Debut Ragnar Oratmangoen 

Dua menit berselang Indonesia mendapatkan pelang dari Ragnar. Berawal serangan balik cepat Nathan memberikan long ball yang menuju ke Ragnar. Ragnar menggiring bola sampai gawang dan mencari ruang tembak. Namun sayang bola masih bisa diblok pemain bertahan Vietnam.

BACA JUGA:Timnas Indonesia Menang 1-0 atas Vietnam, STY Optimistis Bisa Menang di Hanoi 

Vietnam sangat mendominasi penguasaan bola hingga menit ke-75 Indonesia terus dikurung. Meskipun begitu Vietnam kesulitan mendapatkan shot on target.

Menit ke-84, Ho Tan Tae mendapatkan bola rebound dan langsung melakukan tendangan dari luar kotak penalti. Namun tendangan masih belum menemui target. 

Di tambahan waktu babak kedua 90+9 Indonesia menambah keunggulan melalui sontekan Ramadan Santana. Berawal dari sundulan Egy Maulana Vikri, bila rebound mengarah ke Sananta dan dengan sontekannya berhasil menjebol jala Vietnam. 

Gol Sananta ini sekaligus menjadi penutup kemenangan telak Indonesia atas Vietnam menjadi 3-0. Dengan kemenangan ini tim asuhan STY berhasil memecahkan rekor tak pernah menang di kandang Vietnam. Terakhir timnas menang 3-0 atas Vietnam pada 11 Desember 2004 di Piala Tiger.  (*)

Sumber: