Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia, Indonesia Wajib Menang Lawan Vietnam

Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia, Indonesia Wajib Menang Lawan Vietnam

Pelatih Shin Tae-yong dan pemain Sandy Walsh.--

JAKARTA, MEMORANDUM - Beberapa jam lagi Timnas Indonesia senior akan menghadapi Vietnam dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2026 Grup F Zona Asia. Indonesia wajib memenangkan pertandingan bila untuk tetap bisa bersaing lolos ke babak selanjutnya.

Pertandingan tersebut akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis 21 Maret 2024 pukul 20:30 WIB. Untuk saat ini, tim asuhan pelatih Shin Tae-yong masih berada di peringkat terakhir ke-4 dengan 1 poin dari 2 pertandingan.

STY mengaku optimis bisa mengalahkan Vietnam dua kali baik di Stadion GBK maupun di My Dinh, Hanoi pada 26 Maret 2024 mendatang.

‘’Kita harus optimistis. Semua pemain dalam kondisi siap tempur. Tidak ada masalah dengan pemain. Soal siapa yang akan diturunkan dan siapa kapten nanti, kita tunggu saja,’’ kata STY, Rabu 20 Maret 2024.

BACA JUGA:Hadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia, Erick Thohir Berharap Dukungan Penuh Suporter

Kapten Asnawi Mangkualam sendiri tidak bisa diturunkan oleh pelatih asal Korea Selatan tersebut karena Asnawi mendapatkan akumulasi kartu. Tak hanya Asnawi, 3 pemain andalan lainnya Elkan Baggott, Jordi Amat, dan Yance Sayuri dicoret karena cedera.

Disisi lain, bek Sandy Walsh yang hadir dalam jumpa pers, juga menaruh harapan tinggi untuk bisa memenangkan pertandingan. Ia ingin mempersembahkan yang terbaik katena timnas garuda akan bermain di kandang sendiri.

"Kemenangan menghadapi Vietnam akan menjadi modal penting bagi kita untuk pertandingan selanjutnya di Hanoi, Vietnam. Saya yakin kita bisa mewujudkannya,’’ jelas Sandy.

Timnas Indonesia sendiri tergabung dalam Grup F yang dihuni Irak, Vietnam, dan Filipina. Dua tim teratas akan melanju ke babak selanjutnya. Diprediksi Irak akan melaju ke babak selanjutnya karena dalam dua pertandingan berhasil mengalahkan Indonesia dan Vietnam.

BACA JUGA:Nathan Tjoe-A-On Resmi WNI, Bisa Perkuat Timnas Menghadapi Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Satu tiket ini akan diperebutkan oleh Indonesia, Vietnam, dan Filipina. Oleh karena itu kemenangan wajib dipersembahkan untuk bisa menjaga peluang lolos.

Untuk saat ini, Irak memimpin dengan 6 poin dari 2 pertandingan disusul Vietnam 3 poin di posisi kedua, Filipina 1 poin diposisi ketiga, dan Indonesia 1 poin di peringkat terakhir.(rid)

Sumber: