Kecemasan Meningkat di Era Digital : Dampak Media Sosial dan Berita Online

Kecemasan Meningkat di Era Digital : Dampak Media Sosial dan Berita Online

Dampak media sosial dan berita online di era di gital yang menyebabkan kecemasan dan kesehatan mental memburuk.--Unsplash

SURABAYA, MEMORANDUM - Kecemasan menjadi salah satu masalah kesehatan mental yang semakin meningkat di era digital.

Paparan media sosial dan berita online yang berlebihan dapat menjadi salah satu faktor pemicunya.

Penggunaan media sosial dan berita online yang berlebihan menjadi salah satu faktor utama yang diidentifikasikan terjadinya kecemasan tersebut.

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Mental di Era Digital: Mengatasi Stres dan Kecemasan

Dampak Media Sosial

• Perbandingan sosial: Media sosial sering menampilkan citra kehidupan yang ideal dan sempurna setiap individu dapat memicu rasa iri dan perbandingan sosial.

Hal ini dapat menurunkan rasa percaya diri, meningkatkan kecemasan dan perasaan iri yang hingga membuat keinginan melakukan hal yang sama. 

Cyberbullying: Bullying online dapat memberikan dampak yang signifikan pada kesehatan mental, termasuk kecemasan, depresi, dan bahkan ide bunuh diri.

BACA JUGA:Mengelola Stres dan Kecemasan dengan Kearifan Islam

• FOMO (Fear of Missing Out): Ketakutan untuk ketinggalan informasi, tren, atau peristiwa yang terjadi di media sosial dapat memicu kecemasan dan stres.

Dampak Berita Online

• Paparan berita negatif: Terlalu sering membaca dan fokus terhadap berita online tentang kejahatan atau peristiwa menyeramkan dapat meningkatkan kecemasan dan stres tersendiri. 

• Informasi yang berlebihan: Terlalu banyak informasi, terutama yang berkaitan dengan bencana alam, kecelakaan, atau tragedi, dapat meningkatkan kecemasan dan membuat orang merasa kewalahan.

BACA JUGA:Maksimalkan Smartphone Kamu untuk Mengatasi Kecemasan di Tengah Pembatasan Sosial

Sumber: