Pj Wali Kota Wahyu Perkuat Prioritas Pembangunan Jangka Panjang

Pj Wali Kota Wahyu Perkuat Prioritas Pembangunan Jangka Panjang

Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menguatkan program prioritas dalam Musrenbang Kota Malang.--

MALANG, MEMORANDUM-Penjabat (Pj) Wali Kota Malang Dr Ir Wahyu Hidayat MM menegaskan Pemerintah Kota Malang menjadikan bidang pendidikan, kesehatan, infrastruktur serta ekonomi sebagai prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2025-2045.

Itu disampaikan Pj Walikota Malang Wahyu Hidayat saat memberikan pengarahan pada kegiatan  Musrenbang RKPD Kota Malang Tahun 2025 dan Musrenbang RPJPD Kota Malang Tahun 2025 – 2024, di Hotel Grand Mercure Hotel Malang Mirama, Kota Malang, Rabu 20 Maret 2024. Hadir dalam kegiatan ini, Forkopimda Kota Malang.

“Untuk jangka panjang, pendidikan, kesehatan menjadi prioritas. Tentunya, termasuk juga infrastruktur dengan prosentase lebih tinggi, serta Ekonomi,” terang Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat menjelaskan program prioritas mendatang.

BACA JUGA:Kendalikan Inflasi, Pj Wali Kota Malang Pantau Bahan Pokok

Tentunya, hal itu berawal dari usulan Munrenbang tingkat Kelurahan, kemudian Kecamatan dan Kota Malang. Jika diprosentase lagi, infrastruktur menjadi yang terbesar, dengan kisaran angka sekitar 40 persen.

BACA JUGA:Tim Intelijen Kejaksaan Agung dan Kejati Jatim Tangkap DPO Warga Bendul Merisi Surabaya

Visi misi yang menjadikan Kota Malang yang berdaya saing global, sejahtera dan berkelanjutan’ ini dapat dijabarkan dalam tiga hal dengan mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, tangguh, berdaya saing, dan unggul.

Mewujudkan perekonomian daerah berdaya saing global, sejahtera yang berkeadilan dan berkelanjutan; dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang berintegritas dan adaptif.

Tentumya, RPJPD harus selaras dengan RPJPN. Rancangan awal, disusun dengan memerhatikan delapan misi RPJPN tahun 2025-2045. Terbagi dalam tiga kelompok yakni, transformasi Indonesia, landasan transformasi, dan kerangka implementasi transformasi. “Ketiganya harus dilihat sebagai satu kesatuan yang terkait. Saling melengkapi, dan saling menopang menuju pencapaian Indonesia emas,” urainya.

Dandim 0833/ Kota Malang Letkol Arm Aris Gunawan menyampaikan pihak TNI menurutnya siap mendukung program yang akan dilaksanakan, terutama yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat dan keamanan wilayah. “Musrenbang menjadi forum strategis dan kolaboratif. Akan membawa aspirasi dari semua pihak untuk kemajuan Kota Malang," terang Letkol Arm Aris Gunawan. (edr)

Sumber: