Lagi, 12 Motor Balap Liar di Gondangwetan Pasuruan Diamankan

Lagi, 12 Motor Balap Liar di Gondangwetan Pasuruan Diamankan

Anggota Polsek Keboncandi membubarkan balap liar di jalan Desa Pateguhan, Kecamatan Gondangwetan.-Biro Pasuruan-

PASURUAN, MEMORANDUM - Balap liar di Sukorejo, Kabupaten Pasuruan, rupanya menular di wilayah Gondangwetan. Sekelompok pemuda di Desa Pateguhan, Kecamatan Gondangwetan, menggeber motornya untuk balap liar di jalan desa.

Tentu saja, aksi balap liar ini meresahkan masyarakat pengguna jalan desa. Namun aksi mereka berhasil dibubarkan aparat Polsek Keboncandi,  pada Kamis 7 Maret 2024. Dari aksi tersebut, polisi berhasil mengamankan 12 unit motor yang dipakai sarana balap liar.

BACA JUGA:Polsek Sukorejo Obrak Balap Liar, Amankan 10 Ranmor

Jalan menuju ke Desa Pateguhan setiap sore dikenal ramai pengunjung. Terutama nongkrongnya anak-anak muda. Mereka berkumpul di jalan desa. Kebetulan jalan tersebut relatif jauh dari perkampungan. Sehingga mereka memilih sebagai ajang balapan liar.

BACA JUGA:Balap Liar di Pandaan Digerebek, 42 Motor Protolan Diamankan

Dari informasi salah satu warga, Kuswanto (55), mengatakan, jika jalan menuju kampungnya tersebut setiap sore sampai menjelang Magrib ramai dengan para anak muda yang sedang balapan. Warga merasa terganggu dengan kegiatan tersebut. Para warga merasa aktivitas mereka untuk melewati jalan tersebut menjadi kurang nyaman.

BACA JUGA:Antisipasi Balap Liar dan Pesta Miras, Polsek Grati Gelar Operasi Beckbone

"Setiap sore selalu ramai di sini. Kebanyakan mereka dari luar desa," ujar Kuswanto, Jumat, 8 Maret 2024.

Balapan liar di jalan desa itu akhirnya dilaporkan ke Polsek Keboncandi. Mengetahui kedatangan polisi di arena balap liar, para pemuda dan penonton lari tunggang langgang.

BACA JUGA:Hendak Balap Liar, Satlantas Polres Pasuruan Jaring 20 Motor Protolan

Mereka tidak mau berurusan dengan pihak berwajib. Namun dari razia tersebut, polisi masih bisa mengamankan sekitar 12 unit kendaraan motor yang dipakai untuk balapan, dan langsung digiring ke Mapolsek Keboncandi.

BACA JUGA:Balap Liar di Pandaan, Polisi Amankan Tiga Motor Protolan

Di samping mengamankan motor, polisi juga mengamankan sekitar 17 orang yang ada di lokasi balapan liar. 

"Mereka kebanyakan pemuda di sekitar lokasi balapan. Kita bawa ke polsek untuk dilakukan pembinaan," terang Kapolsek Keboncandi AKP Eko Edi, Jumat, 8 Maret 2024.

BACA JUGA:Bubarkan Balap Liar, Polsek Sukorejo Sita Enam Motor

Kapolsek juga mengatakan kegiatan mengamankan peserta aksi balap liar di jalan desa tersebut juga merupakan dalam rangka cipta kondisi. Di mana menjelang Ramadan situasi harus tetap kondusif.

BACA JUGA:Antisipasi Balap Liar, Satlantas Bersama Pemerintah Kota Pasuruan Pasang Pita Kejut

"Kita akan terus menggalakkan patroli guna untuk menjaga ketertiban umum di wilayah Polsek Keboncandi. Titik-titik yang sering dipakai untuk balap liar akan kita pantau terus bersama dengan anggota," lanjut Eko Edi.

BACA JUGA:Balap Liar Bikin Resah Warga Grati

Eko Edi berpesan kepada warga masyarakat jika ditemui hal-hal yang dianggap mengganggu ketertiban umum untuk segera dilaporkan.

BACA JUGA:Razia Balap Liar, Polres Pasuruan Kota Amankan 100 Motor

Hal ini agar cepat dilakukan penanganan. Dan warga diminta juga tetap menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungannya masing-masing. (*)

Sumber: