Cargill Galakkan Program Aksi Bergizi pada Lebih dari 500 Siswa di Pandaan

Cargill Galakkan Program Aksi Bergizi pada Lebih dari 500 Siswa di Pandaan

Program dijalankan bagi siswa-siswi SDN 01 Ngerong, RA Perwardina (setara TK), MI (setara SD) dan MTs (setara SMP) NU Raden Rahmat.--

PASURUAN, MEMORANDUM. Dalam upaya mendukung Gerakan Nasional Aksi Bergizi yang dicanangkan Kementerian Kesehatan, pada Jumat, 8 Maret 2024, PT Sorini Agro Asia Corporindo, anak perusahaan Cargill, merampungkan rangkaian program tanggung jawab sosial

Program “Aksi Bergizi” yang telah berjalan sejak 28 Februari 2024 ini diadakan dengan tujuan untuk membantu meningkatkan kesehatan fisik anak-anak masyarakat di area Pandaan, Jawa Timur. 

BACA JUGA:BPJS Ketenagakerjaan Gelar Sosialisasi untuk Jukir di Kabupaten Pasuruan

Selama dua pekan, sebanyak 34 relawan dari PT Sorini Agro Asia Corporindo menggandeng komite sekolah untuk mensosialisasikan pentingnya mengkonsumsi makanan bergizi bagi kesehatan fisik anak pada lebih dari 500 siswa TK, SD, dan SMP beserta para guru dan orang tua di Dusun Ngerong dan Dusun Karangploso, di Kecamatan Pandaan, Jawa Timur.

BACA JUGA:Gebyar Isi Piringku Kota Pasuruan Pecahkan Rekor MURI

Fanny Hosea, Direktur PT Sorini Agro Asia Corporindo, menyatakan, "Cargill berkomitmen untuk menyediakan pangan bagi dunia dengan cara yang aman, bertanggungjawab, serta berkelanjutan, salah satunya dengan berpartner dengan komunitas lokal di mana kami beroperasi. Rangkaian kegiatan Aksi Bergizi ini adalah kontribusi nyata kami turut serta membantu meningkatkan kesehatan fisik generasi penerus Indonesia, terutama untuk mencegah stunting, gizi buruk, dan anemia yang rawan terjadi pada anak dan remaja,” ungkap Fanny.

Selama program berjalan, PT Sorini Agro Asia Corporindo telah memberikan lebih dari 2,000 paket makan siang yang takaran gizinya telah diperhitungkan oleh tim relawan dokter dan perawat dari klinik PT Sorini Agro Asia Corporindo sebagai bentuk sosialisasi program “Isi Piringku.” 

Selain itu, kegiatan sosialisasi “Isi Piringku” juga dilakukan melalui berbagai lomba bertema gizi serta sesi sosialisasi gizi oleh Dinas Kesehatan Bidang Kesehatan Masyarakat (Gizi) setempat. 

Fanny menambahkan, “Dalam pelaksanaan kegiatan ini, kami juga melibatkan para orang tua, komite sekolah, dan usaha katering warga setempat untuk memasak dan menyiapkan makan siang yang harus mengandung karbohidrat, protein nabati, protein hewani, serta buah. Dalam pengadaan salah satu bahannya, kami turut memberdayakan komunitas Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah yang kami bina untuk penyediaan tempe,” bebernya.

Heny Prasetyaningrum, S.ST, M.A.P, Analis Kesehatan Ibu dan Anak, Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan mengatakan,

”Isi Piringku merupakan sebuah program Kementerian Kesehatan untuk mengganti program sebelumnya yaitu Empat Sehat Lima Sempurna. Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PT Sorini Agro Asia Corporindo untuk mendukung Gerakan Nasional Aksi Bergizi. Semoga dari kegiatan ini kita bersama-sama dapat meningkatkan nutrisi anak-anak usia sekolah di Pasuruan, serta dapat mengubah pola pikir orang tua agar dapat menyiapkan makanan bergizi bagi anak,” jelasnya. (*)

 

Sumber: