Politik Bisa Bawa Kebaikan Bersama

Politik Bisa Bawa Kebaikan Bersama

R Aufar Dhani Himawan.-Alif Bintang-

SURABAYA, MEMORANDUM - Di mata R Aufar Dhani Himawan, politisi muda PKB Surabaya, politik adalah sesuatu yang dapat membawa dampak positif terhadap masyarakat. Dia menyakini bahwa politik dapat membawa kebaikan bersama. Dan seluruh lapisan masyarakat dapat ikut berperan aktif dalam membangun nilai politik yang baik. Termasuk kaum muda.

BACA JUGA:Rebut 27 Kursi DPRD Jatim, PKB Kuasai Indrapura 

"Politik bertujuan untuk kebaikan bersama. Semua elemen masyarakat sebenarnya mampu ikut serta bergabung untuk mewujudkan sistem ketatanegaraan yang baik. Termasuk kaum muda. Tidak hanya terbatas pada usia tertentu ataupun pada tingkatan strata sosial untuk turut serta mendukung suatu sistem politik agar bisa berjalan dengan baik secara terus-menerus," katanya, Selasa, 5 Maret 2024.

 BACA JUGA:Caleg PKB Surabaya Keluhkan Perubahan Data di Aplikasi Sirekap, Hilang 900 Suara dalam Semalam

Pria yang karib disapa Dhani ini menjelaskan, politik seringkali didengar sebagai suatu hal yang menyinggung hubungan antara pemerintah dan masyarakat. Untuk kaum awam, politik bisa saja diartikan dalam ruang yang sempit. Yakni, pemerintah, presiden dan wakil presiden, DPR/DPD/ DPRD/MPR, maupun adanya pemilu.

 BACA JUGA:Dugaan Pelanggaran Pemilu Caleg PKB Surabaya, Bawaslu: Proses Pembahasan

Sedangkan secara definisi, kata dia, politik berasal dari bahasa Yunani Polis yaitu state atau negara. Sementara menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, politik adalah suatu pengetahuan tentang ketatanegaraan atau kenegaraan seperti sistem pemerintahan dan juga dasar pemerintahan.

 BACA JUGA:Legislator PKB Surabaya All Out Menangkan AMIN pada Pemilu 2024

"Politik juga dapat diartikan antara pemerintah dan masyarakat yang bertujuan untuk saling berkomunikasi guna mewujudkan kepentingan dan kebaikan bersama yang berkesinambungan, baik dalam hal kebijakan dan konsep ketatanegaraan. Politik memang luas jika diartikan. Bahkan, para ahli saling menjelaskan arti politik yang berbeda namun pada intinya tetap sama," paparnya.

Berangkat dari sini, Dhani mengajak kaum muda untuk tak anti terhadap politik. Menurut dia, sudah seyogyanya kaum muda unjuk gigi dan me-refresh bagaimana sistem tata kelola ataupun kebijakan yang akan ataupun yang sudah dibentuk menjadi lebih segar lagi dengan memunculkan ide-ide baru.

"Sebagai contoh, sejak mahasiswa ketertarikan pada dunia politik harus ditumbuhkan. Sebab perlu diingat, sebuah miniatur masyarakat intelektual itu memiliki corak keberagaman pemikiran, gagasan dan ide-ide yang penuh dengan kreatifitas," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, dengan ikut berpolitik secara praktis, maka sejatinya mampu mengambil peran penting untuk dapat bergabung dalam setiap kebijakan yang diambil ataupun akan dirumuskan.

"Kita harus andil dan ikut memberikan ide dan gagasan, serta membuat bangsa ini menjadi lebih maju lagi dengan politik yang santun namun tepat sesuai porsinya," pungkas pengusaha asal Gunung Anyar ini. (*)

Sumber: