Dukung Program Ketahanan Pangan, Kodim 0801/Pacitan Siapkan Lahan Ditanami Jagung

Dukung Program Ketahanan Pangan, Kodim 0801/Pacitan Siapkan Lahan Ditanami Jagung

Anggota Kodim 0801/Pacitan menyiapkan lahan seluas kurang lebih 5 hektare untuk di tanami jagung. -Ahmad Syaiku-

PACITAN, MEMORANDUM - Kodim 0801/Pacitan menyiapkan lahan  seluas kurang lebih 5 hektare untuk ditanami jagung guna mendukung program ketahanan pangan, yang berada di lingkungan satuan Kodim 0801/Pacitan, Jalan Letjen Suprapto nomor 42 Pacitan, Sabtu, 2 Maret 2024. 

BACA JUGA:Asah Kemampuan Prajurit, Kodim Bojonegoro Gelar Latorjab Tahun 2024

Sebelum ditanami, terlebih dahulu dilakukan pengolahan lahan dengan menggunakan mesin bajak termasuk membersihkan gulma, agar nantinya tanaman bisa tumbuh subur dan memberikan hasil yang optimal pada saat panen. 

BACA JUGA:Minimalisir DBD, Kodim 0814 Sinergi dengan Forkopimda Jombang Berantas Sarang Nyamuk

Sementara itu, Dandim 0801/Pacitan Letkol Inf Roliyanto SIP MIP menyampaikan, bahwa penyiapan lahan kosong tersebut akan digunakan untuk mendukung program ketahanan pangan dengan ditanami jagung secara serentak pada Minggu, 3 Maret 2024. 

BACA JUGA:Kodim Jember Tuntaskan Renovasi 20 Unit RTLH, Wujud Sinergi Pemprov Jatim dan Kodam V/Brawijaya

"Kami menilai penanaman jagung dianggap sebagai langkah strategis untuk meningkatkan produksi pangan selain produksi beras, dalam rangka mencapai swasembada pangan nasional," ujarnya secara terpisah. 

BACA JUGA:Rajut Kebersamaan, Kodim Jember Jalin Komunikasi dengan Pengusaha

Lebih dari itu dirinya juga meminta, setelah bibit jagung ditanam agar nantinya bisa dirawat dengan baik dengan memberikan pupuk yang cukup dan memperhatikan sistem pengairannya, sehingga memperoleh hasil panen yang maksimal dan berkualitas. 

BACA JUGA:Komitmen Mitigasi Bencana, Perhutani KPH Mojokerto Gandeng Kodim Lamongan

"Mudah-mudahan melalui pemanfaatan lahan kosong dengan menanam jagung, nantinya dapat meningkatkan perekonomian, menekan dampak inflasi sehingga kesejahteraan masyarakat tercapai secara menyeluruh," ungkap Letkol Inf Roliyanto. (*)

Sumber: