Dukung Pemilihan Dokter Cilik, TPS Edukasi P3K

Dukung Pemilihan Dokter Cilik, TPS Edukasi P3K

Tim P3K TPS memberikan simulasi menghentikan pendarahan luka robek di bagian kaki.-Muchlis Darmawan-

SURABAYA, MEMORANDUM - Tim Pertolongan Pertama pada Kecelakaan (P3K) PT Terminal Petikemas Surabaya (TPS) turut berpartisipasi dalam memberikan edukasi kepada para siswa dari berbagai sekolah dasar (SD) di Surabaya. 

BACA JUGA:Dukung Pemulihan Ekonomi di Terminal Petikemas Surabaya, Kajati Jatim Kunjungi TPS Tanjung Perak

Edukasi terkait pemberian pertolongan pertama pada kecelakaan dilakukan di Final Kompetisi Dokter Kecil yang diselenggarakan RS PHC Surabaya. Kompetisi yang diikuti 25 SD di wilayah Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik ini, melibatkan kurang lebih 250 siswa-siswi kelas 4 hingga kelas 6.

Menampilkan skenario dengan kondisi korban kecelakaan yang mengalami cedera patah tulang di area lengan dengan luka terbuka, serta korban tidak sadarkan diri dengan pendarahan di kaki, Tim P3K TPS mengajak serta beberapa dokter kecil untuk ikut serta dalam simulasi.

BACA JUGA:Berdayakan Masyarakat, Program CSR Pelindo Terminal Petikemas Raih Apresiasi

Dokter kecil yang terlibat dalam simulasi diajarkan tentang cara mengendalikan situasi darurat dan memberikan pertolongan pertama pada korban hingga proses evakuasi korban untuk dibawa ke fasilitas kesehatan terdekat guna penanganan lebih lanjut.

Pembelajaran dengan metode simulasi ini tidak hanya menarik perhatian para finalis lomba dokter kecil (dokcil), namun juga lebih efektif dan interaktif karena para peserta kompetisi berkesempatan menyaksikan dan bahkan terlibat secara langsung.

BACA JUGA:Pelindo Integrasikan Sistem Pembayaran Jasa di 4 Terminal Petikemas

Para peserta tampak antusias saat menyaksikan simulasi yang diperagakan oleh tim P3K TPS. Diharapkan, keterlibatan aktif para peserta kompetisi tidak hanya meningkatkan pengetahuan tentang penanganan darurat, tetapi juga membentuk mindset tanggap dan siap tindak.

Kehadiran tim P3K TPS dalam memperagakan simulasi tersebut tidak saja memberikan pengalaman yang berharga, tetapi juga memupuk kesadaran akan pentingnya pengetahuan dan keterampilan dalam situasi darurat.

 “Kegiatan ini lebih dari sekadar simulasi, namun merupakan langkah konkret untuk memupuk kesadaran masyarakat dari anggota masyarakat sejak usia dini akan pentingnya persiapan menghadapi keadaan darurat, yang sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan tangguh” ujar Erika A Palupi, Sekretaris Perusahaan TPS.

Erika menambahkan simulasi P3K pada acara Final Kompetisi DokCil menjadi bagian dari komitmen dan upaya TPS untuk terus mengkampanyekan aspek keselamatan, tidak hanya di lingkungan kerja namun juga dilingkungan masyarakat luas.

TPS yang merupakan anak perusahaan dari Sub Holding Pelindo Terminal Petikemas berkomitmen untuk menerapkan prinsip-prinsip Environmental, Social, dan Governance (ESG). 

Melalui dukungan dalam kompesiti Dokter Cilik, TPS berharap dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan anak-anak Indonesia, terutama dalam upaya menjaga kesehatan mereka serta membangun dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat sebagai dukungan nyata terhadap pelaksanaan misi ESG secara lebih luas.

Sumber: