Jaga Stabilitas Pangan, Pemkot Batu Gelar Operasi Pasar

Jaga Stabilitas Pangan, Pemkot Batu Gelar Operasi Pasar

Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai saat meninjau Operasi Pasar di Kelurahan Ngaglik, Kota Batu. --

BATU, MEMORANDUM-Menjaga stabilitas keterjangkauan harga dan ketersediaan bahan pangan, Pemkot Batu menyediakan 800 paket sembako untuk masyarakat dalam operasi pasar yang digelar di Kelurahan Ngaglik, Kecamatan/ Kota Batu, Selasa 27 Februari 2024.

Operasi pasar inj digelar mulai Selasa 27 Februari 2024 hingga Kamis  29 Februari 12024 di tiga kecamatan. Lokasi pertama, di Kelurahan Ngaglik, Balai Desa Punten, dan Kantor Kecamatan Junrejo. 

Sedangkan, komoditas yang tersedia mulai dari beras Rp51.000 untuk kemasan 5kg, gula pasir Rp16.000 per kg, dan minyak goreng Rp13.000 per liter.

BACA JUGA:PJ Wali Kota Batu Serahkan Sertifikat Halal

Saat meninjau operasi pasar, Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan awalnya kegiatan operasi pasar ini menyediakan 400 paket atau kisaran 1 ton sembako.

BACA JUGA:Pemkot Batu Pasang Pagar di Bekas Pasar Relokasi

Namun, melihat antusias masyarakat cukup tinggi dalam membeli bahan pokok maka diinstruksikan menambah paket menjadi 800 paket sembako.

“Kegiatan operasi pasar ini adalah salah satu upaya Pemkot Batu menjaga stabilitas harga bahan pangan. Sekaligus memastikan ketersediaannya untuk masyarakat," terangnya, Selasa 27 Februari 2024.

Untuk harga beras, menurutnya Pemkot Batu telah memberikan subsidi. Awalya Rp 51 ribu menjadi Rp 50 ribu. “Operasi pasar ini adalah komitmen pemerintah untuk memastikan ketersediaan bahan pokok dengan harga yang terjangkau,” ujar Aries.

Diharapkan, operasi pasar murah tersebut betul-betul menyentuh dan berdampak bagi masyarakat. Termasuk menyediakan bahan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga lebih murah dari harga pasaran.

“Yang jelas, operasi pasar yang digelar oleh Pemkot Batu ini juga bisa membantu masyarakat untuk menjaga daya beli kebutuhan barang pokok menjelang Ramadan,” kata Aries Agung Paewai.

Sementara itu, Ita, warga Kelurahan Ngaglik yang membeli bahan pokok menyampaikan terima kasih pada pemerintah atas dilakukannya operasi pasar. “Kami berharap kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan sehingga dapat membantu mencukupi kebutuhan rumah tangga di tengah harga bahan pangan yang terus merangkak naik,” tuturnya. 

Dalam kegiatan ini, Pj Wali Kota Batu didampingi Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Batu dan Lurah Ngaglik. Bersamaan, Pj Aries menyerahkan bantuan kepada lima warga yang membutuhkan. (yon/nik)

Sumber: