Satgas Pangan Polresta Malang Kota, Sidak Sejumlah Pasar

Satgas Pangan Polresta Malang Kota, Sidak Sejumlah Pasar

Prosesi pelaksanan sidak pasar oleh Satgas Polresta Malang Kota.--

MALANG, MEMORANDUM-Tim Satgas Pangan Polresta Malang Kota melakukan sidak di beberapa pasar. Salah satunya,  di Pasar Oro-Oro Dowo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Senin 26 Februari 2024.

Dalam sidak itu, Kasatgas Pangan Polresta Malang Kota, Kompol Danang Yudanto menerangkan, penyebab kenaikan harga beras.

Menurutnya, kenaikan harga beras jenis premium, diduga karena stok pendistribusian yang terhambat. Selain itu, biasanya masyarakat ramai-ramai menyetok beras jelang Bulan Ramadhan.

BACA JUGA:Pj Wali Kota Wahyu Harap Ada Penelitian Pembangunan Kota Malang

"Stoknya aman. Namun harganya mengalami peningkatan. Bisa diakibatkan, stok yang terhambat. Bisa juga menjelang Bulan Ramadhan, masyarakat mengumpulkan stok," terang Kasatgas Kompol Danang Yudanto, ditemui di lokasi, Senin 26 Februari 2024.

BACA JUGA:Rapat FLAJ, Pj Wali Kota Malang Kuatkan Sinergi Urai Kemacetan

Ia menambahkan, kenaikan harga beras jenis premium  berkisar antara Rp 22 ribu per kilogram. Hal ini juga mengakibatkan beberapa bahan pangan lain, alami kenaikan. Seperti ayam potong yang seminggu terakhir alami kenaikan Rp 35 ribu per kilogram.

Untuk menormalkan harga beras premium sendiri, kata dia, bakal berkoordinasi dengan Diskoperindag Kota Malang. Diharapkan, bisa memastikan distribus beras ibisa lancar kembali. Dan harga, bisa turun dengan sendirinya.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Satgas Pangan Polresta Malang Kota AKP M. Roichan menerangkan, minggu ini pihaknya sudah mengecek beberapa distributor di Kota Malang.

Beberapa yang sudah dilakukan pengecekan, di UD Sari Bumi, CV Surya Harapan dan UD Surya Kusuma.

Dari pengecekan distributor bahan pokok, termasuk beras di Kota Malang, belum ditemukan adanya penimbunan atau penahanan distribusi beras.

"Sementara tidak ada penimbunan stok normal mas," jelasnya.

Biasanya, kata dia, seperti yang diketahui ada kenaikan harga jelang Ramadhan atau Lebaran. (edr)

Sumber: