Polisi Gatotkaca Jaga Pemungutan Suara Ulang di TPS 27 Simolawang

Polisi Gatotkaca Jaga Pemungutan Suara Ulang di TPS 27 Simolawang

Kehadiran Polisi Gatotkaca ini menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar untuk datang ke TPS. --

SURABAYA, MEMORANDUM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya menggelar pemungutan suara ulang (PSU) di 10 lokasi tempat pemungutan suara (TPS).  Salah satu TPS yang melaksanakan PSU adalah TPS 27 Kelurahan Simolawang, Kecamatan Simokerto, Sabtu 24 Februari 2024.

Dalam PSU TPS 27 Simolawang ini dijaga oleh TNI Polri dari Koramil Simokerto 4 personil dipimpin Danramil Mayor Inf Budi Hermanto kemudian Polrestabes Surabaya dan Polsek Simokerto 20 Personil di TPS lalu 83 Personil di standby kan di Mako Polsek Simokerto di pimpin oleh Kapolsek Simokerto Kompol Mohammad Irfan.

PSU di TPS 27 Simolawang ini dijaga ketat oleh TNI Polri. Hal yang menarik perhatian adalah hadirnya "Polisi Gatotkaca" yang diperankan oleh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Simokerto, Aipda Sandra.

Kehadiran Polisi Gatotkaca ini menjadi daya tarik bagi masyarakat sekitar untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya.

BACA JUGA:Gelar Aksi Damai, M1R Dukung Penuh Proses Demokrasi Apapun Hasilnya

Berdasarkan hasil pengawasan Bawaslu, PSU di TPS 27 Simolawang dilakukan karena adanya oknum pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, DPTb, maupun DPK namun bisa menyalurkan hak pilihnya pada tanggal 14 Februari 2024 lalu. Oknum tersebut diduga menggunakan hak pilih orang lain.

Pemilik hak pilih yang sah kemudian protes ke Bawaslu setempat, sehingga PSU pun diputuskan untuk dilaksanakan.

Pada PSU kali ini, petugas KPPS dibantu oleh TNI Polri dan "Polisi Gatotkaca" untuk menjaga keamanan dan kelancaran proses pemungutan suara.

Sejak pagi hari, "Polisi Gatotkaca" bersama Kapolsek dan Danramil Simokerto blusukan ke kampung-kampung sekitar TPS untuk menghimbau masyarakat agar datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya.

Upaya ini terbukti efektif, terbukti dengan tingginya partisipasi masyarakat di TPS 27 Simolawang.

Masyarakat sekitar mengapresiasi upaya kreatif yang dilakukan oleh pihak kepolisian dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pada PSU kali ini.

"Kehadiran Polisi Gatotkaca ini sangat menarik perhatian dan menghibur masyarakat. Banyak yang meminta foto bersama beliau. Hal ini membuat masyarakat antusias untuk datang ke TPS dan menggunakan hak pilihnya," ujar Kompol Mohammad Irfan, Kapolsek Simokerto.

Proses PSU di TPS 27 Simolawang berjalan dengan aman dan kondusif, mulai dari pembukaan TPS hingga penghitungan suara.

"Situasi di TPS 27 Simolawang aman dan kondusif. Tidak ada permasalahan yang terjadi selama proses PSU. Penghitungan suara juga berjalan lancar dan aman terkendali," ungkap Kompol Irfan.(mtr)

Sumber: