Manfaat Makan Tomat Mentah untuk Wajah

Manfaat Makan Tomat Mentah untuk Wajah

Ilustrasi tomat--

SURABAYA, MEMORANDUM - Mengonsumsi tomat mentah diketahui memiliki beragam khasiat untuk tubuh, termasuk untuk kesehatan kulit wajah. 

 

Hal ini karena tomat mentah memiliki nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan tomat yang sudah diolah. Dengan begitu, manfaat makan tomat mentah untuk wajah bisa Anda dapatkan secara optimal.

 

Berikut berbagai manfaat makan tomat mentah untuk wajah yang bisa Anda dapatkan di antaranya:

 

1. Melembapkan kulit

Manfaat makan tomat mentah dalam melembapkan wajah berasal dari kandungan vitamin E di dalamnya. Vitamin yang satu ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan kelembapan kulit, termasuk kulit wajah. Tak hanya itu, tomat juga kaya akan kalium, yaitu mineral yang dibutuhkan kulit agar tetap terhidrasi.

 

2. Merangsang produksi kolagen

Kolagen merupakan protein alami di dalam tubuh yang dapat ditemukan di kulit, otot, tulang, tendon, atau ligamen. Bagi kulit wajah, kolagen memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan elastisitas kulit agar tampak lebih kencang dan awet muda.

 

3. Mencegah penuaan dini

Manfaat makan tomat mentah untuk wajah lainnya adalah mencegah penuaan dini. Manfaat ini dapat diperoleh berkat kandungan vitamin C di dalam tomat mentah yang berperan sebagai antioksidan dan membantu perbaikan sel kulit. 

 

4. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari

Sebuah studi menunjukkan bahwa tomat memiliki kandungan likopen yang bermanfaat untuk melindungi kulit, termasuk kulit wajah, dari paparan sinar ultraviolet. 

 

5. Mempercepat penyembuhan luka

Vitamin C yang terkandung dalam tomat juga akan merangsang pertumbuhan jaringan kulit yang baru. Oleh karena itu, sering makan tomat mentah dipercaya bisa mempercepat penyembuhan luka, misalnya luka bekas jerawat di wajah.

 

6. Mencegah kanker kulit

Manfaat makan tomat mentah untuk wajah yang tidak kalah penting untuk diketahui adalah mencegah terjadinya kanker kulit. Seperti namanya, kanker kulit adalah jenis kanker yang terjadi di kulit dan umumnya disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari secara berlebihan.

Sumber: