Kapolres Malang Lepas 811 Personil Amankan TPS

Kapolres Malang Lepas 811 Personil Amankan TPS

Apel pergeseran pasukan-Biro Malang-

MALANG, MEMORANDUM - Kapolres Malang AKBP. Putu Kholis Aryana pada Senin 12 Februari 2024 yang berlokasi di lapangan Mapolres Malang memimpin apel pergeseran pasukan pengamanan Pemilu dan sekaligus melepas 811 personil yang siap amankan TPS di 30 kecamatan.

"Mereka kita lepas hari ini karena ada beberapa lokasi TPS yang posisinya rawan geografis," ujar, AKBP. Putu Kholis Aryana Kapolres Malang, Senin 12 Februari 2024) seusai memimpin apel.

Rawan geografis maksudnya, karena beberap wilayah yang memiliki faktir bemcana alam, seperti tanah longsor dan banjir. Apalagi saat ini sudah masuk musim penghujan,maka hal itu harus diantisipasi. Maka personil pengamanan Pemilu di geser pada hari ini.

Karena mereka besok sudah harus lakukan pengecekan pada wilayah yang diamankan, dan hari ini personil tersebut lakukan perjalanan untuk menuju lokasi TPS yang sudah ditentukan atau sesuai ploting setiap personil.

BACA JUGA:Satreskoba Polres Malang Ungkap 9 Kasus dan Amankan 10 Tersangka

Kholis juga mengungkapkan, personil dari Polres Malang sendiri sebanyak 811 orang, yang bakal menjaga atau memantau jalannya pemilihan yang dilakukan masyarakat kabupaten Malang. Dengan tujuan pelaksanaan Pemilu nanti berjalan lancar aman serta kondusif.

"Dalam pengamanannya dilokasi nanti personil Polres Malang, bakal bergabung dari personil TNI serta petugas ketertiban yang disediakan Pemkab Malang," kata, Kholis.

Personil yang bertugas nanti, bakal mengaeal pelaksanaan hingga selesai penghitungan di setiap TPS. Dalam pengamanan nanti mereka bersama dengan anggota TNI yang berasal dari Kodim 0818. Pasalnya 2 personil dari Polres Malang nanti, bakal mengawasi hingga 10 TPS yang kategori kurang rawan. Sedangkan yang kategori rawan, akan dilakukan pengamanan secara berlapis bersama pasukan bantuan dari Polda Jatim.

Pihak Polres sendiri masih belum mengungkapkan TPS mana saja, yang dianggap rawan namun hanya mengatakan rawan secara geografis. Seperti pada kecamatan Donomulyo, Amperlgading dan Tirtoyudo.

BACA JUGA:Polres Malang Tetapkan Suami Dayang Santi Sebagai Tersangka KDRT

Perlu diketahui dalam apel penggeseran pasukan, Kapolres Malang melakukan pemeriksaan kesiapan personil mulai dari kesehatannya, perlengkapannya dan biaya operasional selama mereka melakukan pengamanan.

"Kami lakukan oengecekan mulai dari peralatan, kesehatannya dan juga biaya operasional mereka selama melaksanakan pengamanan," tutup, Kholis.(kid)

Sumber: