Jelang Libur Panjang, Terminal Purboyo Madiun Cek Kelayakan Bus dan Kru

Jelang Libur Panjang, Terminal Purboyo Madiun Cek Kelayakan Bus dan Kru

Petugas di Terminal Purboyo Kota Madiun melakukan ramp check guna memastikan angkutan umum yang akan digunakan masyarakat dalam libur panjang peringatan Isra Miraj 1445 H dan perayaan Imlek, layak digunakan, Rabu, 7 Februari 2024.--

MADIUN, MEMORANDUM-Petugas di Terminal Purboyo Kota Madiun melakukan ramp check guna memastikan angkutan umum yang akan digunakan masyarakat dalam libur panjang peringatan Isra Miraj 1445 H dan perayaan Imlek, layak digunakan, Rabu, 7 Februari 2024.

Pemeriksaan ini mulai dari dokumen administrasi, P3K, klakson, serta ketebalan ban yang sedang digunakan. Termasuk kelengkapan lainnya.

BACA JUGA:Personil Gabungan Kota Madiun Mulai Patroli Obyek Vital Jelang Pemilu

Kepala Terminal Purboyo Kota Madiun, Hendra Ayi Sonica mengatakan, jika ditemukan adanya pelanggaran, maka petugas bakal memberikan sanksi. Mis berkaitan dengan administrasi, petugas bakal memberikan surat tilang. Namun 

BACA JUGA: Jasad Wanita dengan Luka Sayatan di Leher Ditemukan di Jurang Tileng Madiun

jika berkaitan unsur teknis, seperti ban yang kurang layak, dan baut-baut yang tidak terpasang, maka bus tidak diperbolehkan berangkat sebelum menggantinya. 

"Harus mengganti terlebih dahulu. Tetapi jika pelanggaran berkaitan dengan klakson dan lampu akan diberikan surat peringatan," katanya.

Selain pengecekan kendaraan, lanjut Hendra, petugas juga memastikan pengemudi maupun kru bus dalam keadaan sehat. Sehingga  dilakukan pengecekan kesehatan ke setiap kru. Termasuk tes urine untuk memastikan mereka tidak terpengaruh obat-obatan terlarang 

"Tidak hanya memastikan kelayakan bus, kami juga memastikan bahwa driver siap dari segi jasmani maupun rohani," ujarnya.

Sementara itu, Hendra memprediksi libur panjang kali ini lonjakan penumpang bakal naik sekitar 30 persen. Untuk itu, pihaknya telah melakukan langkah antisipasi dengan menyiapkan zonasi untuk penumpang.

Diantaranya zona satu di gedung A untuk penumpang belum bertiket, dan zona dua di gedung B untuk penumpang yang sudah bertiket. Antisipasi lainnya, dengan mengaktifkan lahan disebelah utara Terminal Purboyo guna parkir sementara bus. 

"Untuk mengantisipasi. Karena namanya liburan, kita tidak tahu akan membludak," tandasnya. (aji/mas)

Sumber: