Manfaat Mengonsumsi Dada Ayam dan Kandungan Nutrisi Didalamnya yang Perlu Diketahui

Manfaat Mengonsumsi Dada Ayam dan Kandungan Nutrisi Didalamnya yang Perlu Diketahui

masakan dari dada ayam--

SURABAYA, MEMORANDUM - Dada ayam dikenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Bagian ayam ini sering kali menjadi pilihan makanan bagi orang yang sedang menjalani diet atau membentuk massa otot.

BACA JUGA:Manfaat Sayur Bayam Untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Dapat Mencegah Penyakit Kanker

Nutrisi Dada Ayam

Dalam satu potong atau sekitar 100 gram dada ayam filet tanpa kulit yang telah dimasak, terdapat sekitar 150 kalori dan beragam nutrisi berikut ini:

  • 25 gram protein
  • 3,2 gram lemak
  • 450 miligram natrium
  • 0,5 miligram zat besi
  • 0,7 miligram zinc
  • 5-10 miligram kalsium
  • 23 mikrogram selenium
  • 330 miligram kalium

Sekitar 80 persen kalori dalam dada ayam berasal dari protein dan hanya 20 persen yang berasal dari lemak. Jika dibandingkan dengan bagian ayam lain, dada ayam memiliki kandungan protein dan kalori lebih tinggi, bahkan mencapai 3 kali lebih banyak.

Selain itu, dada ayam sama sekali tidak mengandung karbohidrat, gula, maupun serat. Dada ayam juga mengandung beragam nutrisi lain, seperti vitamin A, vitamin B, folat, kolin, tembaga, dan fosfor.

BACA JUGA:Ayam Katsu ala Jepang: Resep dan Tips untuk Menghasilkan Tepung Crispy yang Sempurna

Manfaat Mengonsumsi Dada Ayam

1. Membangun massa otot

Saat mengonsumsi dada ayam, kandungan protein di dalamnya akan diolah menjadi asam amino. Zat ini kemudian akan digunakan tubuh untuk membentuk sel-sel dan jaringan tubuh, termasuk jaringan otot.

2. Menekan rasa lapar dan nafsu makan

Diet tinggi protein, misalnya dengan mengonsumsi dada ayam, bisa membuat Anda kenyang lebih lama. Ini dikarenakan makanan tinggi protein dapat meningkatkan kadar peptida YY, yaitu hormon yang membuat tubuh merasa kenyang. Selain itu, protein juga dapat menekan produksi hormon ghrelin yang menimbulkan rasa lapar.

BACA JUGA:Penyuka Pedas Wajib Coba Resep Ayam Rica-Rica Pedas yang Menggigit

3. Menjaga kesehatan tulang

Sumber: