Inilah 7 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

Inilah 7 Manfaat Tidur Siang bagi Kesehatan

Tidur siang--

SURABAYA, MEMORANDUM - Tidur siang adalah aktivitas pendek yang memberikan banyak kegunaan bagi kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

 

Tak butuh waktu lama, kamu bisa mendapatkan manfaatnya cukup dengan tidur sekitar 20–30 menit. Namun, pastikan lingkungan sekitar tenang dan atur suhu ruangan supaya sejuk.

BACA JUGA:Inilah 5 Fungsi Protein yang Penting untuk Tubuh

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Tubuh

 

1. Meningkatkan daya ingat

Kebiasaan hidup sehat ini ternyata dapat membantu meningkatkan daya ingat. Sebab, aktivitas ini punya peran penting bagi otak dalam menyimpan ingatan.

 

2. Membuat lebih produktif

Banyaknya aktivitas bisa memicu penurunan produktivitas. Inilah sebabnya tak sedikit orang yang mengalami penurunan fokus dan konsentrasi menjelang sore hari. Kabar baiknya, tidur siang bisa membantu kamu memiliki kinerja yang lebih konsisten. 

BACA JUGA:Cegah Meningkatnya Diabetes, Berikut Batas Konsumsi Gula, Garam dan Lemak

3. Memperbaiki suasana hati

Jika sedang merasa sedih atau bad mood, cobalah untuk tidur siang sejenak. Sebab, tidur siang menjadi salah satu cara yang efektif untuk memperbaiki suasana hati.

 

4. Meningkatkan kewaspadaan

Ketika tidur siang, otak akan menghilangkan informasi yang tidak perlu dari bagian penyimpanan sementara, sehingga setelahnya, otak bisa kembali menyerap informasi yang baru.

 

5. Membantu meredakan stres

Studi menyebutkan, tidur siang selama 15 menit setiap hari bisa membantu mengurangi stres. Sebab, tidur siang memicu perubahan aktivitas saraf simpatik dari sistem saraf otonom sebagai pemicu stres.

BACA JUGA:Cara Tradisional Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

6. Meningkatkan kreativitas

Jika kamu kehabisan ide saat bekerja, cobalah untuk beristirahat dan tidur tidur siang sejenak. Studi dari Universitas California berhasil membuktikan bahwa manfaat tidur siang juga dapat meningkatkan kreativitas. 

 

7. Menurunkan tekanan darah dan risiko penyakit jantung

Studi lain turut membuktikan bahwa manfaat tidur siang dapat menurunkan tekanan darah karena penurunan hormon kortisol. Faktanya, kortisol juga menjadi hormon yang memicu naiknya tekanan darah. Dengan tidur siang meski sebentar, stres bisa menurun dan tekanan darah tetap stabil.

Sumber: